Home

wpa2_565

Hari ini saya mendapat pesan seperti ini:

“Saudara terkasih. Hari ini DOA SERENTAK 14.14.14 (tgl.14jam 14.00 th 2014 ) Bagi kita yg terpanggil utk berdoa bagi bangsa Indonesia tercinta menghadapi: pemilu dan berbagai bencana, keselamatan , kesejahteraan bangsa. Berdoa utk para pemimpin baik gereja maupun pemerintah. Mari kita sehati memohon belas kasihan Tuhan.. Tuhan memberkati”

Pesan ini mengingatkan saya pada sebuah kisah ketika Bangsa Israel yg diperbudak Mesir. …orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah. – Kel 2:23 ¶

Sepertinya bangsa Israel telah melakukan  “doa masal” kepada Tuhan dengan permintaan  yang sama yaitu memohon belas kasihan Tuhan agar terjadi “Transformasi” dari perbudakan  menjadi  merdeka. Dan setelah  “Doa Masal” itu  dikatakan Tuhan pun  mendengar. “Allah mendengar mereka mengerang, lalu Ia mengingat kepada perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub.  Maka Allah melihat orang Israel itu, dan Allah memperhatikan mereka”. – Kel 2:23-24

HEBATT! Doa mereka didengar oleh TUHAN. YES! Saya juga percaya saat kita berdoa di tgl.14jam 14.00 th 2014   DOA KITA untuk Indonesia jg didengar oleh Tuhan. Karena Tuhan kita tidak pernah berubah, DIA ALLAH YANG MENDENGAR.

Lalu apakah doa diluar tanggal 14jam pukul 14.00 tahun 2014 Tuhan tidak mendengar?

Dari kisah Tuhan menjawab “Seruan” bangsa israel Saya menemukan 3 prinsip sederhana yang bisa kamu pegang saat kamu mengikuti doa masal dimana pun:

1. Allah kita Tidak BERUBAH Dia adalah Allah yang merespon doa-doa kita maka Percayalah Tuhan mendengar doa kamu dimanapun kamu berdoa.  Bukankah Tuhan Yesus berkata ” “If you then, being evil, know how to give good gifts to your children, how much more will your Father who is in heaven give good things to those who ask Him! (Mat 7:11)  ayat ini menunjukan bagaimana Karakter Allah kita yaitu Allah yang Meresponi doa2 kita dengan memberikan yang “baik” menurutNya bukan menurut kita.

2. Bukan karena  kamu berdoa secara masal  disatu waktu dan disatu temapat  maka doa2 kamu (MAKIN) didengar atau (MAKIN) cepat diajwab TUHAN tetapi karena Tuhan memang suka Meresponi DOA2 Kita dan itu karena BELAS KASIH TUHAN SEMATA!

Btw, ngomong2 “ACARA DOA MASAL yg seragam tempat” saya sih kuatir ada anggapan2 yang salah seperti ini diantara kamu:

  • “Kalau Datang ketempat DOA MASAL ini artinya kamu mendukung unity dan ‘webwork’ tapi kalau ga dateng kamu kurang unity dan kurang berWEB” ada lagi
  • “Kalau datang ketempat DOA MASAL artinya  kamu sudah berdoa buat bangsa, yang ga dateng  artinya kurang komitmen berdoa bagi kota, bangsa dan generasinya. Atau artinya kamu sudah bayar harga yg ga dateng kurang bayar harga.” Apa benar seperti itu???

Saya berharap kamu ga percaya anggapan2 seperti diatas? Karena anggapan2 diatas menunjukan kesombongan rohani.

Perhatiin deh, doa masal bangsa israel ga bicara soal tempat yg sama seperti di stadion atau sebuah Hall karena mereka berdoa ditempat masing2. Tidak bicara soal di waktu dan cara yang sama  karena mereka berdoa dalam sebuah masa bukan hari, jam dan detik yang sama.. Artinya Doa kita didengar bukan karena keseragaman tempat dan waktu tetapi karena kita memilki Allah yang sama yaitu Allah yang MERESPON dengan:  mendengar, melihat, mengingat dan memperhatikan dimanapun dan kapanpun kita berdoa.

3.      Doa kita didengar bukan karena keseragaman latar belakang tetapi karena kesatuan hati kita yang berseru memohon belas kasihan  kepada TUHAN yang MENDENGAR!

Perhatiin juga, Doa Masal di Mesir ini terdiri dari berbagai latar belakang. Orang Israel yang berdoa terdri dari 12 suku israel dan saya juga yakin mereka juga dari berbagai orang dengan kondisi rohani yang berbeda-beda mungkin ada yang sangat  percaya kepada Allah Israel ada juga yang mulai ragu akan pertolongan Tuhan. (Kel 3:1-5) Tetapi mereka punya kesatuan hati yaitu memohon belas kasihan  kepada TUHAN . Lalu apa yang terjadi sekalipun mereka berbeda-beda latar belakang DOA MEREKA DIDENGAR OLEH TUHAN.

Lalu untuk apakah kita doa masal di tempat yang sama? Bagi saya ketika kita doa masal bagi Indonesia disatu  tempat dan satu waktu bukan untuk membuat Allah semakin mendengar doa kita bahkan merubah keputusan Tuhan hingga terjadi pemulihan dan bangkitnya Indonesia Baru atau membuat kita yang hadir merasa lebih baik tetapi tujuan kita berdoa masal adalah merayakan Tuhan yang PASTI mendengar doa2 kita, Merayakan rencana Tuhan yang indah untuk bangsa kita, meyamakan visi  bangsa yang  dipulihkan, berfellowship dengan saudara seiman dan  saling menguatkan  iman sambil menunggu jawaban Tuhan atas bangsa ini (walaupun ini dapat dilakukan di gereja masing-masing) Karena TUHAN PASTI MENDENGAR dan TUHAN Tidak PERNAH BERUBAH

Dari kisah doa bangsa Israel dimesir  saya saranin temen2, kalau kamu bisa ikut didalam kegaiatan doa masal beryukurlah karena doa kamu didengar dan jangan merasa lebih baik dari mereka yang tidak ikut. Dan buat kamu yang tidak bisa ikut join di doa masal disatu tempat dan diwaktu yang sama Yuk tetap berdoa dimanapun kita berada untuk Indonesia, dan percayalah: Tuhan pasti Mendengar doa Kita.

Apakah artinya saya ga perlu doa masal lagi? Silakan Berdoa masal..TAPI
Teman2 Youth ayo tetap bersemangat untuk berdoa bagi Indonesia Sekalipun kamu sedang tidak doa masal disebuah stadion atau Hall.
“karena Allah sendiri yang bekerja di dalam dirimu untuk membuat kalian rela dan sanggup menyenangkan hati Allah.” Flp 2:13 BIS.

Keep On Praying!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s