Home

Dear  Youth:

Saya sih ga heran kenapa kalau kamu2 suka dengan acara2 akbar dan bahkan kamu ikut jadi bagiannya jadi panitia. Saya juga suka kok karena emang seru kan? Tapi selalu ada tapinya…

Belajar yuk dari kalimat ini “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda” 1 Tim4:12

saya suka versi Message:

“And don’t let anyone put you down because you’re young. Teach believers with your life: by word, by demeanor, by love, by faith, by integrity.” (MSG)

Seperti saya katakan saya mendukung kamu terlibat dalam berbagai event biar wawasan kamu semakin luas. Dan mudah2an kamu mengalami berkat rohani disana. Lalu Apa hubungan ayat ini sama acara2 akbar yg kamu suka ikuti?

“put you down” bisa berarti kamu tidak dianggap, dinomor tirikan, atau dianggap ga bisa apa2, atau bahkan tidak bisa menyatakan pendapat. Intinya kamu dibawah saja, ga usah “mikir” terima saja apa yang dari atas berikan. APakah benar kamu seperti demikian??

Saya mau ajak teman liat 3 alasan kenapa kamu meskipun masih muda ga boleh “barada dibawah” dan menerima begitu saja apa yang ditawarkan:

1. Karena kamu bisa Berpikir cerdas dan berpikir sehat dan tidak hanya tulus mengasihi.

“cerdik (cerdas) seperti ular dan tulus (sehat) seperti merpati.” Matius 10:16 .”

2. Karena kamu bisa Menguji/mengavaluasi/mengalisa/menyelidiki segala sesuatu dan menyatakan bagian mana yang baik dan mana yang tidak, mana yang kurang dan mana yang perlu ditambahkan, mana yang perlu ditinggalkan dan mana yang perlu diikuti.
1 Tes 5:21 (BIS) Segala sesuatu harus diuji, dan yang baik harus diikuti.

3. “Teach believers with your life” kalimat ini jelas menunjukan kamu BISA menjadi Teladan/pemipin/Mentor sejak masa muda. Ini bukan tentang even tetapi proses pembinaan.

Bagaimana 1 Tim4:12 bagian kedua bisa jadi jika Generasi muda bukan diberdayakan tetapi diperdayakan untuk “Kesuksesan Acara”. Acara Yes tetapi Please teman2 kalian harus bertumbuh dari Usher di KKR menjadi seorang Pemimpin.

Abis baca ini kamu dateng ke ketua panitia atau ketua youth kamu dan minta dia evaluasi diri kamu, apakah kamu sudah diberdayakan menjadi pemimpin atau belum? dan apa kriterianya? Lalu minta dia membimbing kamu samapai 1 Tim4:12 jadi. kalau tidak ada jawabn artinya dia cuma memanfaatkan kamu.

Silakan jadi usher atau panitia itu memang membantumu belajar rendah hati tetapi itu bukan satu2nya dan itu lebih ngajarin kamu gmna jadi event organizer. Jangan terpesona dengan alasan “melayani”. Melayani ga harus jd panitia.

Semoga kalau kamu jadi panitia KKR apapun dan KKR itu sukses maka kamu juga sukses juga dalam bertetangga, sukses jg dalam berpacaran, dalam sekolah dan kuliah atau pekerjaan. Jangan cuma teladan di KKR!

 

Mantan Paradigma Lama

Gideon Sihombing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s