Home

Saya pernah dengar seseorang diledek oleh temannya dengan berkata “ah males sama lu kaya ngadepin bayi”…hmmm Saya belajar seorang yg dewasa dalam umur bisa saja memiliki sifat seperti seorang bayi.  Mungkin umur bisa 30an tetapi sifatnya seperti karakteristik dasar anak yang masih balita.

Pada dasarnya sifat2 bayi yg akan saya sebutkan dibawah ini masih ada didalam setiap orang diumur berapapun hanya saja yang membuatnya berbeda adalah ada orang-orang dewasa yang telah “menang” mengatasi sifat tersebut. Atau mereka telah mengkis pengaruh sifat tersebut sehingga sifat2 itu tidak lagi mengontrol diri mereka. Dan saat orang dewasa itu sedang mengahadapi sebuah masalah maka bukan sifat2 bayi yang muncul tetapi sifat dewasa yang positif.

Seperti apakah sifat2 yang seperti karaterisik baby ini? Bayi itu memiliki karakteristk:

1. Bergantung dengan orang lain.

Balita tidak bisa mengurus dirinya sendiri, dia memerlukan bantuan orang lain dalam banyak hal. Balita bergantung dalam urusan makan, mandi, tidur sekalipun. Dalam mengambil sebua keputusanpun baby memerlukan orang dewasa. Orang dewasa yang memiliki emosi baby adalah mereka yang selalu bergantung kepada orang lain dalam mengambil keputusan bagi dirinya. Dia merasa keputusannya tidak sebaik keputusan orang lain.

2. Distractibility (seberapa mudah perhatiannya beralih)

Perhatian baby itu mudah teralihkan dari satu hal ke hal yang lain, terutama untuk hal-hal yang menarik bagi dirinya

3. Impulsif. 

Didalam http://www.kamusbesar.com kata impulsif berarti bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati. Baby sangat diatur oleh apa yang dia rasakan saat itu. Sangat sepontan.

Artinya jika anda orang dewasa yang bertindak dengan impulsif anda adalah pribadi yang dikuasai emosi dibanding menimbang dengan logika. Anda lebih mendahului mood anda dan lebih menjadi reaktif.

4. Tidak bisa atau susah menunda mendapatkan yang diinginkan.

Karakteristiknya yg masih ada kaitan dengan impulsif menurut saya adalah tidak bisa menunda. Semua yang diinginkan harus segera didapatkan. Dari ayahbunda.co.id saya mengutip: “Perilaku impusif biasanya ditandai dengan tidak mampu mengontrol diri, tidak sabar menunggu giliran, bila menginginkan sesuatu harus segera memperolehnya, dan cenderung agresif.” Dan bila hal ini terjadi baby akan segera membuat “ulitmatum” dengan menangis salah satu cara menarik perhatian.

Apakah anda sulit menunda atau menahan diri untuk melakukan atau memperoleh yang anda inginkan?

Apakah anda segera menjadi marah dan menyalahkan orang lain atau cemas bahkan kesal ketika sesuatu yg diinginkan tidak tercapai?

Apakah anda mencoba menarik perhatian orang agar keinginan anda tercapai atau saat keinginan anda tidak tercapai?

5. Egosentris

Kembali berkaitan dengan impulsif, karateristik egosentris itu salah satu bentuk dari impulsif. Karena baby merasa harus dirinya lebih dahulu yang diutamakan dan didahulukan. Mereka yang masih egosentris akan melihat suatu hal hanya dari sudut pandang dirinya sendiri tanpa melihat dari sisi orang lain. Jadi semua masalah akan diteropong dari kaca mata dirinya.

6. Ketidak pekaan terhadap lingkungan.

Masih ada hubungan dengan inpulsif. Baby tidak mengenal apa akibat tindakannya terhadap dunia diluar dirinya. Bayi yg tidak mendapat apa yg diinginkan biasanya  menangis keras atau berteriak bahkan jika sudah cukup besar dia bisa memukul. Dapat dipastikan orang2 disekitar terganggu tetapi baby merasa itu adalah hal yg biasa karena memang itu karakter dasarnya.

Bertindak tanpa memikirkan efek terhadap lingkugannya adalah salah satu karakteristik baby.

Tanpa disadari mungkin kita memiliki sifat yg mirip karakteristik bayi, dan akibatnya kita akan menyusahkan diri kita sendiri atau membuat orang lain susah.

Jika ada salah satu atau salah dua bahkan salah 5 (semuanya dongg)..dari karakteristik ini masih sangat mempengaruhi anda. Mungkin ini saatnya utk duduk tenang dan mengevaluasi apa yang harus dikurangi dan ditambahkan.

Semua proses kok, dan semua pasti bisa.

Salam dari Big Baby😀

Gideon Sihombing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s