Home

forget_the_past-190014Kita telah masuki Tahun yang baru 2014. Saya yakin ditahun 2013 ada hal-hal yang menyenangkan yang kita alami dan hal2 yang buruk juga yang kita alami.
2013 ada perjumpaan ada perpisahan, ada mendapat ada kehilangan, ada kenaikan ada penurunan, ada kesebuhan ada kesakitan, ada keberhasilan ada kegagalan, ada tawa ada tangis dan ada yang ingin diingat ada yang ingin dilupakan.

Bagaimanakah sikap menghadapi hal2 yang tidak menyenangkan di masalalu khusunya di tahun 2013? Bagaimana respon terhadap memori yang negatif? Bagaimana agar tidak terjebak dengan memori masa lalu?

Saya menemukan 2 lirik lagu yang sebenarnya bukan bicara tentang kehidupan secara umum tetapi saya mengambil contoh bagaiman menghadapi atau meresponi masa lalu kita yang tidak menyenangkan bahkan yang menyenangkan sekalipun.

Diawal lirik geisha menceritakan tentang kegagalan dalam percintaan. Sang kekasih mengabaikan, meninggalkan dan mengecewakan dirinya. Hingga dia ingin melupakan sang mantan. Dan Geisha melantunkan:

Sampai terakhir saya liat di youtube, Lagu ini sudah di view oleh lebih dari 13jt orang dan dikomen lebih dari 3rb orang. Dan rata2 yang komen menyebutkan kesepakatan mereka dengan bagian ref lirik itu yaitu “Lumpuhkan ingatanku.” Ternyata banyak juga yang mereka yang “bermasalah” dengan memori akan mantanya. Mungkin kamu salah satunya? Eaaaa😀

Dapat dipastikan seseorang yang menginginkan memorinya akan masa lalu dihapus dan dilumpuhkan itu karena pengalaman itu menyakitkan buat dirinya.

Trus bagaimana dong? Bagaimana biar lupa masa lalu?

Minta Tuhan melumpuhkan memori tentang kecewa terhadap seseorang atau keadaan bahkan kegagalan diri sendiri itu gak mungkin. Karena otak kita adalah penyimpanan data yang tercanggih. Memori itu akan tetap ada tersimpan didalam otak. Kecuali kaya di sinetron2, dimana kamu ketubruk mobil trus terpental kepinggir jalan dan lalu kepala kamu kena pembatas jalan, dan akibatnya kamu hilang ingatan…..hhehehhe sayangnya itu hanya terjadi di seintron atau FTV.

Saya mengerti seandainya lirik reff itu adalah isi hati kamu, maka itu hanya sebuah harapan. Tetapi please jangan tenggelam dengan harapan yang tak mungkin itu.

Sikap pertama terhadap masa lalu, Bukan minta “lumpuhkan ingatan” tetapi “lumpuhkan emosi negatif”

Jadi mulai dari minta Tuhan tolong lumpuhan emosi negatif ini. Saya suka kata lumpuhkan ini digunakan pada hal2 yg negatif. Artinya emosi negatif ini tidak lagi aktif dan tidak lagi dapat mempengaruhi diri kita. Seperti sebuah perang kita melumpuhkan lawan dengan 2 cara menyerang dengan kekuatan besar dan melucuti senjatanya.

Saya mau katakan ada harapan yang pasti, kamu bisa meminta kepada Tuhan yang adalah KEKUATAN TERBESAR yang kamu miliki untuk MELUMPUHKAN EMOSI NEGATIF tentang masa lalu yang mengecewakan itu termaksud orang lain, keadaan atau diri anda sendiri. Minta agar Tuhan “lumpuhkan perasan kecewa” atau “lumpuhkan sakit hati kamu” atau juga “lumpuhkan rasa marah kamu.” Artinya kamu mengakui rasa kecewa, sakit hati dan amarah kamu ke Tuhan danb saat itu Dia akan melumpuhkan emosi negatif dihati kamu dengan menggantikannya dengan kasih sayang-Nya.

Setelah melumpuhkan emosi yang negatif maka tugas kamu adalah melucuti senjatanya. Senjata Emosi negatif adalah asumsi negatif dan perkataan negatif. Maka cara untuk melucuti senjata itu adalah mulai memenuhi pikiran kamu dengan pikiran yang sehat seperti:

“Saya percaya saya bisa dan punya harapan ditahun 2014”

“Saya percaya saya bisa naik pangkat”

“Saya percaya………(lanjutkan). Lalu kamu memperkatakannya dengan yakin.

Sikap kedua terhadap masa lalu adalah Fokuskan pada saat ini dan percayalah memori yg sekarang lebih istimewa dari memori yang lalu.

Didalam lirik “Mantan Terindah” yang dinyanyikan Raisha. Mantan yang meminta putus dan akhirnya putus tetapi si tokoh didalam lirik tetap merasakan memori yang menyenangkan dengan si mantan dan dia tidak meminta dilumpuhkan ingatannya tetapi malah akan selalu dikenang dan itu yang membuat dirinya “susah lupa”

“Engkau disana aku disini
Meski hatiku memilihmu
Yang tlah kau buat sungguh lah indah
Buat diriku susah lupa”

Fokus dengan apa yang menjadi tantangan hari ini bukan kegagalan masa lalu, fokus dengan target tahun ini bukan pada kemenangan atau kekalahan masa lalu. Fokus pada potensi anda saat ini bukan kelemahan anda dimasa lalu.

Sekali lagi bukan masalah lupa ingatan😀 tetapi ini adalah keputusan untuk memilih. Ya iyalah susah lupa kalau kamu masih memilih untuk mengistimewakan memori dan emosi yang muncul di tahun2 yang telah lalu.

Kamu perlu keputusan dan komitmen untuk memilih yang terbaik untuk diri kamu dan memfokuskan diri pada hal2 yang terbaik ditahun ini. Masa lalu baik tetapi Hari Ini ISTIMEWA!

Sikap ketiga, Memilih untuk tidak berandai-andai akan masa lalu dan menginginkan masa lalu.

“Andai ku bisa ingin aku memelukmu lagi
Di hati ini hanya engkau mantan terindah
Yang selalu kurindukan”

Berhenti untuk berkata “IF”..atau berandai-andai dengan keadaan masa lalu disaat kamu sudah berada ditahun yang baru. Berandai andai adalah jebakan yang membuat diri kamu galau dan susah lupa. Dari pada kamu berandai-anda akan masa lalu adalah lebih baik kamu berandai andai akan masa depan kamu. Membangun sebuah visi yang kuat untuk sepanjang tahun ini. Visi yang penuh keberhasilan, kemenangan, kekuatan dan menyenangkan. Apa yang kamu impikan di tahun 2014 ini? Apa yang akan kamu capai di tahun 2014? Apa Hal BESAR yang akan kamu kerjakan di tahun2014?

Selamat Memiliki Emosi Yang Kuat dan selamat Tahun Baru 2014.

Yang pernah minta Lumpuhkan ingatan dan Susah lupa masa lalu.

Gideon Sihombing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s