Home

image

Tadi sebelum pulang kerja saya mencicipi “sedkit” kopi pahit punya teman, saya bilang “ini kopi kok pahit banget.” Ketika saya berkata begitu sambil melirik kearah teman saya tiba2 terpikir, buat teman saya ini pasti tidak terlalu pahit tetapi buat saya ini cukup pahit.
Mungkin karena dia sudah terbiasa dgn pahitnya kopi sdang saya biasa dgn manisnya kopi. Makanya waktu saya berkata dmikian dia menunjukan wajah biasa saja.
Saat ini dlm perjalan pulang, saya teringat kembali dgn hal tdi. Sprtinya ada hal2 sederhana yg terbesit dlm pikiran

“Semua orang pernah ngerasain pahitnya hidup tp ga semua orang belajar benar2 dr pahitnya itu.”

Jika seorang Terbiasa dgn pahitnya Hidup ada 2 kemungkinan yg terjadi:

1. Dia terbiasa mngalami pahitnya hidup sampai2 tidak lg berharap utk manisnya hidup. dan menganggap manisnya hidup bukan jatahnya. Mungkin orang sperti ini sdh terlanjur kecewa dgn.keadaan atau mungkin Tuhan.

2. Dia sama2 mengalami pahitnya hidup dan menjadi terbiasa, namun dia tetap berjuang dan melihat sebuah pelajaran berharga setelah meminum “pahitnya hidup.” Dia tidak menjadi terkejut setengah mati jk pahit hidup itu datang lg dan dia tau masih ada “manisnya hidup” yg menjadi jatahnya.

Lagian pahit itu juga sehat selama tidk berlebihan.
Begitu jg Tuhan tidak akan memberikan “pahitnya hidup” yg melampaui kemampuan anda meminumnya.
Lagian manis juga menjadi pemicu penyakit jk berlebihan.
Begitu jg pahitnya hidup yg diizinkan agar kita mengenal kelemahan kita dan bergantung kepada Tuhan.

Saya pikir setiap kita harus punya sikap biasa meminum “pahitnya hidup” seperti teman saya yg biasa dgn kopi pahit. Namun percayalah masih ada manisnya hidup utk anda.

Teman Ngopi

Gideon Sihombing

Leave a Reply

