Home

Seorang anak muda di sebuah desa, setiap hari senin dan kamis pulang dari sekolah ke gereja untuk mengikuti ibadah dan pendalaman Alkitab dengan mengendarai bus umum. Disaat pulang dia juga menggunakan Bus yg sama, ongkos bus tersebut dibayar  langsung ke sopir karena bus tidak memiliki kondektur. Setelah bayar, baru kemudian cari tempat duduk kosong.

Sang anak mudapun bayar ongkos pada sopir lalu menerima kembalian, sebab hari itu ia tidak punya uang pas… baru kemudian duduk di bangku belakang yg kosong.

Di tempat duduknya dia menghitung uang kembalian dari sopir yg ternyata lebih Rp 1.000. Sejenak iapun terpikir.. uang ini dikembalikan atau tidak yah..? Ah cuma Rp 1.000 ini… ah dia (sopir) bukan orang Kristen ini… atau aku masukin saja ke kotak persembahan…??

Setelah sampai di tempat tujuan, ia pun hendak turun bus dengan berjalan melewati sopir bus tersebut. Dalam hatinya masih bergejolak atas uang  Rp 1000 itu, antara dikembalikan atau tidak. Namun ketika sampai di dekat sopir, spontan iapun mengulurkan Rp 1000 sambil berkata: “Uang kembaliannya berlebih Rp 1000”.

Tanpa disangka tanpa dinyana.. sopir itu mengacungkan jempol seraya berkata: “Anda berhasil..!!!”

“Apa maksud anda..?” Tanya anak muda.

“Bukankah anda anggota gereja yang di sana tadi?” Tanya sopir.

“Betul” jawabnya

Lantas sopir itu berkata…

“Sebenarnya sejak beberapa hari ini saya ingin datang ke gereja anda untuk belajar dan beribadah.. tapi timbul keinginan di hati saya untuk menguji anda sebagai orang kristen, apa benar Kristen itu seperti yang saya dengar: jujur, setia dan sebagainya. Saya sengaja memberikan kembalian berlebih dan anda berhasil. Saya akan kegereja dan percaya Yesus”. Kata sopir tersebut..

Alangkah tercengangnya anak muda tersebut, sambil mengucap syukur dan meyesali apa yg dipikirkannya tadi. Hampir saja ia tidak menjadi berkat hanya dengan uang Rp. 1000 itu.

(Cerita: Ilustarsi/Sudah hasil modifikasi)

2 thoughts on “Nilai Kejujuran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s