Home

Saya mengutip dari berita didalam Detik.com yang berjudul: “Kodak di Ambang Krisis ”

“Kodak kehilangan kesempatan besar di tahun 1992 saat permintaan mantan Vice President Don Strickland untuk merilis kamera digital tidak mendapat ijin. Kala itu Kodak takut bila bisnis filmnya mengalami kanibalisasi.

Strickland pun mengundurkan diri dari perusahaan di tahun 1993. “Kami telah mengembangkan kamera digital pertama di dunia dan Kodak bisa saja merilisnya di tahun 1992. Sebuah kesempatan besar terlewatkan,” ujar Strickland seperti yang dikutip detikINET dari BBC, Jumat (4/10/2011).”

Betapa berharganya sebuah KESEMPATAN,tetapi mengapa kita sering kali tidak melihat sebuah peluang walau sebenarnya kita bukan tidak melihat kesempatan tetapi tidak  menyiapkan diri untuk sebuah peluang. Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk sebuah kesempatan, hingga jika peluang itu datang kita dapat mengenalinya dan dan bertindak dengan tepat? Saya menyebutnya

Manusia Peluang!

Pertama, Hope Opportunity

Harapakan sebuah Peluang.

Miliki keinginan untuk mendapat kan sebuah kesempatan-kesemptan emas. Jangan padamkan harapan. Selama bumi masih ada dan tabur tuai dialadang masih berjalan kesempatan akan ada.

Kedua, Think Opportunity

Pikirkan adanya sebuah Peluang

Jangan menutup pikiran anda terhadap sebuah peluang. Berpikir “Pasti ada Peluang.” Bagaimana jika anda tidak tahu apa peluang itu? Tetap berpikir “Masih ada peluang.”

Ketiga, Map of  Opportunity

Buatlah peta pendukung keberhasilan anda.

Apakah hal-hal yang mendukung dan yang membuat anda berhasil mencapai tujuan atau target anda. Buatlah “Peta Pendukung peluang” karena pendukung-pendukung itu adalah jejak peluang. Jangan abaikan sekecil apapun pendukung-pendukung tersebut. Pendukung tersebut bisa jadi sahabat-sahabat anda yang memberikan anda informasi atau mungkin pesaing-pesaing anda. Seperti sebuah istilah dalam Football  ” We are Rivals but not Enemies” jadikan pesaing anda sebuah peluang untuk mencapai juara.

Keempat, Say “Hello Opportunity”

Sambutlah peluang sekecil apapun itu. Sambutlah peluang itu sesulit apaun kelihatannya.

Jagan anggap remeh sebuah tawaran yang kecil atau peluang yang kecil. Karena penemuan harta karun dimulai dari galian kecil. Setialah dimana anda berada dan tekunlah dimana anda sedang menggali. jangan takut dengan Peluang yang “berwujud” menakutkan yang kelihatan “tidak mungkin”. Hadapi dengan pengharapan meski anda sadar ada kemungkinan gagal. Jangan mudah menyerah!

Kelima, Attract Opportunity

Berusahalah yang terbaik dari hal-hal yang kecil sampai hal-hal yang besar.

Jangan buat anda menantikan peluang tetapi buat peluang menghapiri anda.

Orang yg menyiapakan diri dengan yang tidak menyiapakan diri memiliki persamaan sama-sama memperoleh peluang, namun yang berbeda adalah  orang yang menyiapakan dirinya akan mengenali sebah peluang dan mengerjakan peluang itu dengan segera tanpa menundanya dan mereka yang tidak siap akan melewati peluang itu dan menunda untuk menangkapnya.

Jadilah Manusia Peluang!!

Pdp. Gideon Kristian MA

Untuk Training gideonk@gmail.com  dan visit : www.s-impact.co.c

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s