Home

Ilustrasi

Hari ini  saya menggunakan jasa transportasi TIGER (bus tiga perempat jurusan Pulogadung ) menuju Pintu Tol Cikunir (salah satu cara alternatif kekantor). Saat bus jalan, saya mulai ambil uang untuk bayar ongkos. Sembari melihat kedepan dan kebelakang mencari keneknya….mungkin karena tertutup oleh penumpang yang berdiri maka keneknya tidak terlihat…

Setelah berapa lama…bus sudah setengah jalan….dan saya nyatai aja sambil menunggu sampai ditol cikunir…berapa menit kemudian…semua orang saling melihat..dan berbisik..”keneknya mana?, keneknya mana yah?”

Akhirnya munculah spekulasi para penumpang:

“Kekneknya ketinggalan?” “Keneknya ketiduran?” “Keneknya sarapan?” “Keneknya emang ga ada?” “supir dan kenek satu orang?”😀

Saya pun gak ketinggalana nanya sama  penumpang yang disamping saya “keneknya mana?”…jawab orang yg disebelah saya “bukan saya, saya juga baru naik mas!”….:D😀

Setelah itu salah satu pria yang berdiri ditengah mulai mengusulkan kepada sebelahnya…”sudah kita kumpulin aja., kasian supirnya.”

Spontan semua penumpang mengeluarkan uang ongkos mereka untuk membayar jasa transportasi dan menyerahkan kepada “kenek dadakan”..ada yang 50.000, 10.000 atau uang pas Rp.3.000

Mulailah dibagi strategi…ada “kenek dadakan” didepan yang mengumpulkan uang didepan….”kenek dadakan di tengah” untuk mengumpulkan uang di tengah dan “kenek dadakan di belakang” untuk mengumpulkan di belakang…

Dan para “kenek dadakan” itu pun dengan rela hati melayani para penumpang yang akan membayar ongkosnya…

Dan semua terlaksana dengan baik…setidaknya sampai saya membayar dan turun ditempat tujuan.

Didalam Bus itu tiba2 menjadi pelajaran hidup, karena….

Terjadilah Team Work muncul yang baik karena satu tujuan..”Membantu supir yg tidak dikenal” tanpa harus ada yang bersitegang.

Terjadilah Kepemimpinan alami yang muncul karena saling percaya

Terjadilah kerelaan untuk menjadi “pelayan” yang tidak di upah namun muncul karena kesadaran “sesama manusia”

Terjadilah “pengelola uang” yang baik yang bertanggung jawab mengumpulkan uang dan mengembalikan pada pemiliknya…(uangnya yg banyak itu “cuma numpang lewat” kata kenek dadakan)..karena mengerti yang dipegang itu bukan miliknya.

Terjadilah kejujuran masal yang dikarenakan hati nurani masing2 berbicara…🙂

Penumpang TiGer😀

Ps. Gideon Sihombing MA

Leave a Reply

