Home

Read: Lukas 7

Nain adalah sebuah desa di Galilea yang terletak di dasar utara Little Hermon

Nain = berarti menyenangkan, indah, padang rumput hijau.

Keindahan nain sebelum Tuhan Yesus datang dan melakukan sebuah mukjizat adalah keindahan yg berasal dari luar, yaitu:

Keindahan yang terjadi karena “apa yang dimiliki” dan dapat berubah seketika ketika apa yang dimiliki tersebut tidak dapat lagi diandalkan.

Keindahan yang terjadi karena “apa yang dilakukan” dan dapat berubah seketika ketika apa yang dilakukan tersebut tidak ada lagi nilainya.

Nama nain pasti diberikan karena wilayah itu memang memiliki lingkungan yang indah. Namun ketika kematian terjadi didaerah nain, itu menjadikan nain saat itu tidak menyenangkan, tidak indah dan tidak seperti padang berumput hijau namun lebih seperti padang gurun khusunya bagi mereka yang mengalaminya.

Banyak orang yang membangun keindahan dirinya dengan keberhasilan2, kesibukan2, penampilan yang menarik dan segala hal yang membuat tampilan luarnya tetap Nain / indah.

Kita didalam Tuhan adalah Nain atau Indah, namun keindahan itu berasal dari DALAM diri kita.

Adakalanya kita hidup kita mengalami masalah yang berat dan masalah itu seakan-akan berupaya menjadikan diri kita terlihat buruk dimata Tuhan dan buruk dimata diri kita sendiri. Sampai akhirya kita akan melupakan identitas kita yang tinggal didalam kita, yaitu: Indah dimata Tuhan. Ya, keindahan itu berasal dari dalam.

Ketika Tuhan Yesus masuk kedalam kota nain, dia membawa “nain” yang sejati yang tidak perlu dibuat2 yaitu: KEHADIRANNYA.

Ketika Tuhan membangkitkan anak seorang janda orang -orang berkata:

“Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita,” dan “Allah telah melawat umat-Nya.”

Inilah sumber keindahan sejati dari kota nain, yaitu: Kehadiran dan lawatan Tuhan.

Begitu juga dengan kita, kita indah karena kehadiran dan lawatan Tuhan dihidup kita bukan karena apa yang kita miliki dan telah kita lakukan.

Tanpa Tuhan “keindahan” kita hanya tampilan luar dan bernilai sementara. Dengan Tuhan keindahan kita berasal dari dalam dan bernilai kekal.

Kita dulu Nain dengan mengejar keindahan dari luar tetapi sekarang kita berkata

“Nain, Aku indah karena Hadir Mu”

Murid Kristus

Ps.Gideon Sihombing MA

2 thoughts on “Nain “Aku Indah” Karena hadirNya

  1. sy rasa ini kurang tepat jika menekan pada kota Nain, dalam Lukas 7::11-17, penekanannya adalah Yesus yang sanggup membangkitkan orang mati menunjukkan bahwa Ia bukan Mesias Politik (spt harapan org yahudi) tapi Mesias yang membawa keselamatan (mujizat2 itu adalah tanda bahwa kerajaan Allah sudah dekat, INjil Yesus Kristus), Injil lebih utama dari mujizat2, Mesias datang untuk misi keselamatan. makanya setelah bagian ini Lukas 7:18-35, tentang pertanyaan Yohanes mengenai identitas Yesus, saat itu Mesias sangat dinantikan (tapi sayangnya orang Yahudi salah pemahaman, mesias yang mreka inginkan adalah mesias yang membebaskan dari penjajahan romawi. ketika dokter Lukas menulis pasti ada tujuannya kenapa ia menulis bagian ini. thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s