Home

Ini 10 tips buat kamu-kamu pelajar yang pengen banget ngalamin kesuksesan dalam Studynya. Gak susah ko buat jadi pelajar yg sukses, karena itu dimukai dari kebiasaan yang kamu lakukan. So! Cekido0t! 5 dari 10 tips kebiasaan pelajar yang efektif dan nasehat2 gokilnya yang nggak bangeeet😀

1. Fokus sama pelajaran

Nasehat gokil:

”Jangan tahan kebelet ke toilet meski kamu lagi fokus sama pelajaran.”

”Jangan ngobrolin PS 3, Point Blank, Status FB,  ketika Guru lagi ngobrolin pelajaran tema :Alogaritma”

”Jangan ngetwitt atau nge-BBM guru kamu selagi dia ngajar. Apa lagi kalo guru kamu lagi berdiri disebelah kamu.”

”Jangan maen UNO, Gaple, Game Boy selagi guru ngajar.”

”Jangan bawa bantal ke ruang kelas.”

Guru senang ketika kamu memperhatikan apa yang sedang diajarkan artinya kamu menghargai dia sebagai guru. Dan guru juga menilai kalau kamu fokus pada pelajaran pastinya kamu akan terlibat aktif didalam kelas.  Dengan demikan guru kamu senang dan pengetahuan kamu di upgrade!

2.  Menyelesaikan tugas.

Nasehat gokil:

”Jangan tunda tugas pelajaran sampai 1 tahun.”

”Jangan memberi alasan tugas belum selesai karena ’membantu nenek di sawah’  padahal nenek kamu gak punya sawah.”

”Jika soal PR kamu ada 100 jangan menyerahkan hasil tugas dengan sistem cicil, hari ini dikumpulkan no.1 dulu, no 2  besok, no. 3 besok lagi.”

Guru “paling sebel” sama murid yang menunda-nunda dan kasih banyak alasan kalau waktu penyerahan tugas sudah tiba. Salah satu alasan tugas gak selesai adalah ”Penundaan”. So, kalo kamu mo disukai guru, katakan sama diri sendiri”kerjakan sekarang.” Prinsipnya kamu harus tunjukin sama guru kamu bahwa kamu akan lakukan yang terbaik.  Do The Best!

3.  Jujur dengan pekerjaan sendiri.

Nasehat gokil:

”Jangan siapin contekan untuk pelajaran yang belum diajarkan.”

”Jangan nyontek dengan guru.”

”Jangan nyontek hasil pekerjaan teman yang salah.”

”Jangan palagiat hasil karya orang dengan tidak mengganti nama pembuat aslinya.”

Guru suka sama kamu-kamu yang jujur dalam mengerjakan tugas dan hasil tugas. Ketika kamu jujur dalam proses mengerjakan dan hasilnya maka kamu sedang mengharagi diri sendiri juga. Gak heran nanti guru kamu kasih kamu predikat ”Student Of The Month.”🙂

4.  Menghormati semua orang

Nasehat gokil:

”Kalo ketemu guru cobalah tersenyum meski kamu baru aja di putusin pacar.”

”Cobalah menahan ketawa sewaktu guru kamu melakukan kesalahan.”

”Jangan mengejek teman kamu yang yang dapat nilai lima sedangkan kamu dapat nilai 3.”

”Jangan tantang guru kamu adu panco, gulat, wrestling, kecuali guru beladiri.”

”Jangan senyum sepanjang pelajaran, atau nanti guru akan

Guru suka sekali sama murid-murid yang sopan santun. Guru itu gak Cuma menilai murid dari angka tetapi juga karakternya. Kadang ada murid yang kurang mampu disalah satu mata pelajarannya tetapi karena murid tesebut sangat menghormati semua orang, guru senang membantu dia untuk memahami pelajaran tersebut. Inget loh kecerdasan kamu harus berimbang dengan karakter kamu.

5.  Bertanggung jawab

Nasehat gokil:

”Jangan suruh pembantu kamu masuk kelas dan gantiin kamu untuk belajar.”

”Jangan minta mama dan papa kamu ngerjain PR.”

”Jangan nyuruh adik kamu yang baru umur lima tahun mengerjakan rumus: .”

Guru senang sama kamu kalau kamu mau melakukan apa yang jadi bagian kamu. Murid yang gak menghidari tanggung jawabnya sebagai seorang murid untuk menerima pelajaran, PR dan satu lagi, Saykoji bilang ”ulangan dadakan.”  Buat guru, kalau kamu bertanggung jawab artinya kamu adalah pribadi yang tidak mudah menyerah dan mau berusaha.

 

Mantan Murid Bandel🙂

(Ex SD Poncol 2 Bekasi, Ex SMPN 4 Bekasi, Ex SMUN 4 Bekasi)

Ps. Gideon Sihombing MA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s