Home

Pernah diperlakukan buruk oleh orang lain dengan perbuatan atau perkataan? Berawal dari pernyataan “Bukan apa yang terjadi pada anda tetapi bagaimana respon anda” ini membuat saya merenungkan bagaimana respon ketika menghadapi perlakukan buruk orang lain. Silakan baca Yakobus 5: 1 – 11 dan Mazmur 37:1-6, berikut adalah 6 sikap tersebut:
1. God Saw Everything! – Sadari semua perbuatan baik dan buruk seseorang diketahui Tuhan.

2. Sow & Reap – Sadari semua perbuatan akan mendapatkan upahnya. Apa yang ditabur itu yang dituai. Apa yang anda tabur kepada orang lain akan anda tuai begitu juga apa yang orang lain tabur kepada anda akan mereka tuai.

3. CurJur (Curhatan jujur) – Berseru kepada Tuhan, katakan dengan jujur apa yg saudara alami dan apa yang saudara rasakan.  TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya (Mzm 34:18). Telinga Tuhan suka mendengar pujian dan ucapan syukur dari anda namun Dia juga mau mendengar hati anda sedang gundah atau tertekan. Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Sela (Mzm 50:15 ) Namun jangan berhenti menyampaikan keluhan anda harus bangkit untuk mempercayai apa yang Tuhan katakan kepada Anda tentang anda dan masalah anda.

4. Act Wise Seringkali ketika diperlakukan buruk kita tergoda untuk menjadi emosi, kesal, berusaha mencari pembelaan, pembenaran diri dan berusaha untuk mencari jalan keluar sendiri. Tetapi kita bisa juga memilih utk menjadi tenang dan meneguhkan hati untuk menanti pertolongan Tuhan.Yusuf pernah bilang “Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan…” Anda bisa bertindak, tetapi harus berhikmat. Artinya anda mengambil tindakan bukan dengan dasar emosi tetapi pikiran yang jernih / benar. Kita juga harus belajar peka akan suara Tuhan, jika Dia berkata “Diam” maka jangan mengambil tindakan apappun.  Percayalah jika anda benar Allah akan membela anda.

5. Feed Your Soul! – Ketika kita mengalami tekanan atau perlakukan buruk, jangan biarkan jiwa kita memakan hal-hal yang negatif dan menjadikannya bagian dari jiwa kita. Dan cara pertama terbaik untuk memberi makan jiwa ketika kita mengalami perlakuan buruk adalah mempercayai dan memperkatakan apa yang Tuhan katakan kepada kita dan tentang masalah kita. Dan cara kedua adalah Bersyukur / nyayikan pujian, karena bersyukur lebih menyehatkan hati dan pikiran kita sedangkan menggerutu membuat pikiran menjadi didominasi pikiran negatif dan perasaan menjadi penuh kekecewaan dan bisa  menjadi amarah.

6. Strong & Humble – Ketika kita diperlakukan buruk, iblis adalah satu pribadi yg ingin mengambil keuntungan dari hal tersebut. Dia akan berusaha membuat anda pahit, kecewa, marah, dan merasa tidak dihargai. Anda harus punya sikap Strong, yaitu berani memilih apa yang benar sekalipun dalam keadaan yg tidak baik. Dan Humble, yaitu berani menerima apa yang buruk yg sedang dizinkan Tuhan dan menyadari otoritas penuh Tuhan atas hidup anda. Dari setiap hal yang buruk diizinkan Tuhan pasti akan menjadikan kita kuat dan pemenang. Seperti Ayub yang diizinkan Tuhan mengalmi hal yang buruk : Dia pribadi yang kuat tetapi juga rendah hati sampai akhirnya semua dipulihkan Tuhan.

Janji Tuhan pasti:
Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu. Yak 4:10
Ps.Gideon Sihombing
-Gak Mudah Nyerah-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s