Home

Dosa yang dilakukan beberapa orang mudah terlihat. Dosanya menunjukkan bahwa mereka akan dihakimi. Tetapi dosa beberapa orang, baru akan tampak kemudian. 1 Timotius 5:24 (DRFT_WBTC)

Kata kuncinya disini adalah: “Dampak”

1.   Dosa yang tampak. Ada perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia sejak awal dilakukan begitu terlihat dan tidak dapat disembunyikan. Karena  yang dimaksud “tampak” bukanlah sekedar perbuatanya terlihat mata tetapi “dampak” dosa itu dapat terlihat dan dirasakan oleh pelakunya bahkan orang yang terlibat didalamnya.

Misalkan: Meninggalkan persekutuan, Memberontak orang tua, Mencuri, berbohong, membunuh, membenci saudara, perselisihan. Semua itu segera menghasilkan penilaian manusia dan efek negatifnya dapat terlihat dengan segera.

2.   Dosa yang “tersembunyi”. Namun ada dosa yang seakan-akan tidak terlihat dan tersembunyi dari orang lain.  Itu disebut dosa “tersembunyi” karena dampaknya tidak terasa/terlihat/terdengar secara “daging” oleh pelakunya dan orang lain disaat dosa itu dilakukan.

Misalkan : kekecewaan, akar pahit,  perilaku seksual yang menyimpang : kecanduan pornografi, onani, masturbasi, perzinahan diluar nikah 1Kor. 6:18 Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

3.  Namun tidak ada dosa yang tersembunyi dihadapan Tuhan, baik itu perbuatanya ataupun dampaknya. Sebenarnya apapun dosanya jika ada Roh Kudus didalam hati kita, sudah pasti disaat itu Roh Kudus akan menegur hati kita. Bahkan sebelum kita melakukannya Roh Kudus akan mengingatkan kita untuk tidak melakukannya.

Ps.Gideon Sihombing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s