Home

1Kor 16:13. Berjagajagalah ! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai lakilaki! Dan tetap kuat!

Orang yang berjaga-jaga adalah orang yang siap, sadar dan dengan seksama memperhatikan keadaannya. Berjaga jaga adalah sikap pemenang. Karena Seorang pemenang tidak tahu kapan kesempatan datang tetapi akan siap jika kesempatan itu datang, seorang pemenang tidak tahu kapan kesuksesan dan masalah datang tetapi dia mempersiapkan diri untuk sebuah keberhasilan dan masalah. Seorang pemenang bersiap jika waktunya tiba untuk dipromosikan dan juga siap ketika dimutasi ketempat yg tidak nyaman.

Dengan demikian seorang yang berjaga akan memiliki 3 sikap ini : “attention, cautious and active.”

Ketiga hal ini tidak dapat dipisah-pisah namun harus dilakukan dalam satu paket.

Seorang petinju akan memiliki sikap berjaga-jaga jika dia ingin menjadi pemenang didalam pertandingan. Ketika Petinju berjaga-jaga dia berarti haru teke attention, be cautious dan active. Dengan kata lain mereka harus memiliki kesiapan menghadapi serangan lawan, meperhatikan gerakan dirinya sendiri dan lawan, berhati-hati dalam melakukan gerakan dan berhati-hati terhadap gerakan lawan, dia akan aktif mencari peluang dan kelemahan lawan, aktif bertarung dan bertahan samapai kemenangan dicapai.

Bagaimana cara anda menjadi seseorang yang berjaga-jaga:

Ö        Menjadi fokus terhadap apa yang sedang anda kerjakan. Jangan menjadi orang yang mudah di alihkan perhatiannya oleh hal-hal yang tidak penting bahkan merugikan diri anda.

Ö        Mengembangkan sikap aware terhadap keadaan diri dan sekitar. Kenali kelemahan anda dan kekuatan yang anda miliki. Kenali peluang-peluang yang ada didalam hidup anda atau peluang-peluang yg meuncul dari setiap tantangan dan kesulitan..

Ö        Kembangkan kekuatan yg anda miliki terus menerus. Orang yg mengembangkan diri sebelum dipromosikan berarti dia punya sikap yg siap dipromosikan. Jangan menunggu berita promosi baru anda melatih diri atau berusaha meningkatakan diri.

Ö        Belajar bertindak dengan bijakasana. Bertindak bijaksana berarti bertindak sesuai dengan prioritas dan bertindak sesuai dengan apa yang benar atau yg terbaik bukan apa yang baik atau yang boleh.

Ö        Membuka diri untuk perubahan dan memberikan respon yg positif utk perubahan yang kearah lebih baik. Ketika ada teguran dan disiplin terimalah, jangan keraskan hati.

Ö        Menyambut datangnya tantangan. Ketika anda mengenali peluang-peluang maka anda pasti juga melihat hambatan-hambatan yg mungkin terjadi. Bersiaplah dengan semua itu dan jangan mundur. Bertahan dan hadapilah. Jawaban pasti datang.

– Ps. Gideon Sihombing MA –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s