Home

Zaman sekarang jika ada seorang anggota tubuh Kristus yang sangat getol berkata: “Aku dari golongan Nyoto Raharjo, dan yang lain berkata: Aku dari golongan Petrus Agung, yang lain berkata: aku dari golongan Pariadji, yang lagi berkata: aku dari golongan Indri Gautama, yang lain lagi bilang: aku dari golongan Iin Wennas, yang lain lagi bilang: aku dari golongan Gilbert Lumoindong, yang lain lagi berkata aku dari golongan: Erastus sabdono, dan yang lain berkata: aku dari golongan AH Mandey, hamba Tuhan ini dan itu atau gereja ini dan itu.” Lalu orang2 tersebut juga memiliki sikap merasa lebih baik dari yang lain, mudah menyalahkan kelompok lain dan menjauh dari mengaplikasikan Tubuh Kristus, orang tersebut pasti tidak memperhatikan 1 Korintus 3.

Ada 2 Peringatan yang saya temukan dari dalam 1 Kor 3,

  1. Setiap pemimpin gereja yg membawa orang2 yg dipimpinnya menjadi fokus kepada si pemimpin dan organisasi dan bukan kepada Kristus itu menunjukan dia manusia duniawi.
  2. Setiap orang yg menjadikan perbedaan “Kepemimpinan” dan “Oragnisasi” itu alasan utk tdk dpt bersatu, tdk dapat melayani bersama, & tdk menghormati satu sama lain dia telah mengaggungkan pemimpin dan organisasi tersebut lebih dari pada Kristus dan hal itu menunjukkan, bahwa dia manusia duniawi yg bukan rohani. – 1 Kor 3

Puji Tuhan, semua nama pemimpin yang saya sebutkan diawal adalah para pemimpin yang mengajarkan kepada jemaatnya untuk fokus pada Kristus dan menghargai Tubuh Kristus. Namun yang jadi tantangannya terkadang pada jemaat itu sendiri, dimana ada jemaat yang kurang memahami arti Tubuh Kristus dan kurang memahami . Dan bagaimana agar kita tidak terjebak pengkultusan pemimpin dan oraganisasi, maka Ingat, renungkan, sadari dan aplikasikan bahwa:

– Semua pemimpin rohani adalah kawan sekerja Allah bukan pusat segalanya. Kita menyembah Allah dan menghormati para pemimpin yang adalah kawan sekerja Allah, jangan terbalik.

– Semua orang yang ada didalam otoritas pemimpin rohani adalah ladang Allah bukan ladang manusia. Benar, Jemaat harus menghormati otoritas yang diberikan Tuhan kepada para pemimpin namun semua program, keputusan dan tindakan yang melibatkan jemaat sudah seharusnya berasal dari Tuhan, untuk kemuliaan Tuhan dan berfokus untuk menjadikan jemaat seperti Kristus bukan seperti pemimpin.

– Pemimpin yg satu menanam, pemimpin yg lain  menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Sebagai Tubuh Kristus kita terdiri dari berbagai anggota tubuh yang memiliki berbagai fungsi. Tidak ada yang lebih hebat dari satu sama lain, semua disebut anggota tubuh Kristus.

– Bukanlah yang menanam atau yang menyiram yang penting , melainkan Allah yang memberi pertumbuhan. Sebagai ladang Allah kita terdiri dari para pengerja dan tanah yang akan diusahakan. Para pemimpin adalah para pengerja yang memiliki berbagai tugas namun mereka juga pasti ingat bahwa ladang yang mereka usahakan bukan milik mereka tetapi milik Allah dan pertumbuhan setiap jemaat adalah hasil dari Allah bukan usaha mereka.

– Semua orang yg menjadi pemimpin adalah karena kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadanya. Begitu juga dengan jemaat atau setiap orang percaya, menjadi bagian dari kerajaan Allah Adalah Anugerah bukan karena usaha manusia.

– Setiap kita pemimpin dan jemaat adalah bait Allah dan bangunan Allah yang artinya kita bukan milik sebuah denominasi tetapi milik Allah.  Pembangunan yang sejati bukan pembangunan denominasi, bukan juga pembangunan program, bukan juga pembangunan gedung gereja, bukan juga pembangunan karisma pemimpin tetapi pembangunan bait Allah yaitu jemaat Allah menjadi seperti Kristus. Gedung dan program adalah alat bukan tujuan akhir tetapi pembangunan jemaat Kristus menjadi seperti Kristus adalah tujuannya.

– Pekerjaan masing-masing orang, baik pemimpin rohani maupun jemaat akan diuji kemurniaanya oleh Tuhan.

Pada akhirnya kita harus sadari bahwa semua pemimpin rohani, semua jemat semua program gereja adalah milik Tubuh Kristus dan Tubuh Kristus tunduk kepada Kristus dan Kristus adalah milik Allah!

Ps.Gideon Sihombing MA

2 thoughts on “Aku Bukan Golongan Mu!

  1. Haleluyah!

    Kita adalah tubuh Kristus, semua dari golongan Kristus.

    Thanks Ps..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s