Home

Suatu hari ada temen saya yg nulis distatusnya  “Otak saya butuh penyegaran.”

Dan secara spontan saya tulis di dindingnya:

ambil otaknya…siram air dingin…beri pijatan refleksi…Bawa ketempat yg disukai…Kasih makan yg disukai…….istirahat diruangan sejuk..Dengarkan keluhannya..Terdengar lucu jika melihat dari sisi humor tetapi terlihat mengerikan jika melihat dari sisi Horor (masa otak disiram pake air dingin). Dan saya mau melihatnya sebagai inspirasi . Berikut tips  sederhana menyegarkan kualitas otak anda:

  1. Ambil otaknya…berarti kita harus memutuskan untuk memilih memberikan kesegaran buat diri sendiri atau membuat semakin penat. Jangan menyuruh orang lain untuk membuat anda lebih baik karena itu keputusan anda  untuk mengambil kesempatan itu.
  2. Siram air dingin…Siram jiwa anda dengan segala hal yg menyegarkan (itupun pilihan anda).  Menurut penelitian mandi air dingin meredakan ketegangan atau stress.  Berikan “air dingin” yg meredakan keteganngan otak anda dengan memberikan 3P:  Penghargaan pada diri anda sendiri – hargai semua hasil karya anda  Peneriman pada diri sendiri – mensyukuri keberadaan anda sekarang dan Penyerahan kepada Tuhan – mempercayai Tuhan yang berkuasa atas anda. Ketiga hal tersebut adalah air yg menyegarkan bagi pikiran anda.
  3. Beri pijatan refleksi...salah satu tujuan sebuha pijatan adalah memberikan relaksasi pada urat dan syaraf.  Jadi berikan relaksasi bagi otak anda dengan pikiran yang bersyukur. Mulai dari mana?
    Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki syukuri anda akan tersenyum.
  4. Bawa ketempat yg disukai…tempat kesukaan akan meberikan rasa sukacita dihati. Berikan rasa sukacita itu didalam pikiran anda, mengapa tidak mengingat hal-hal yang lucu, kemenangan, keberhasilan, sukses yang terjadi didalam diri anda dan biarkan diri anda tersenyum bahkan tetawa.
  5. Kasih makan yg disukai…….Pikiran kita harus diberi makan yang sehat, sama seperti tubuh. Sehatnya pikiran kita akan mempengaruhi kesehtan tubuh kita.  Makanan pikiran ada kata-kata baik itu dari teks, audio atau visual. Pilih musik, bacaan dan film yang menguatkan otak anda.
  6. Istirahat diruangan sejuk...Bagaimana caranya pikiran beristirahat? Jangan menguatirkan:
    Apa yg tidak bisa kamu kontrol
    Apa yang tidak bisa kamu ubah
    Apa yang tidak bisa kamu ketahui
    Apa yang tidak bisa kamu lakukanKadang berserah, diam dan jadi tenang adalah pilihan terakhir utk mnghadapi suatu keadaan yg tak menentu. “dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.” Yes. 30:15
  7. Dengarkan dan Berbicara dengan dia…pernahkah anda berbicara kepada orang lain mengapa tidak lakukan pada diri sendiri? Pernahkah anda mengucapkan terimakasih kepada orang lain? Kenapa tidak anda lakukan juga kepada diri sendiri? Pernahkah anda mendengarkan orang lain, mengapa tidak anda lakukan terhadap diri sendiri? Dengarkan apa yang menjadi keluahan anda sendiri.

Saya sarankan perkatakan kepada diri sendiri apa yang tertulis didalam 1 Korintus 13:4 -7, namun sebelumnya ganti kata “Kasih” dan “Ia” dengan nama anda sendiri. Cobalah dan aminkan hal itu maka pikiran anda akan dikuatkan kembali.

Ps. Gideon Kristian Sihombing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s