Home

Didalam 1 Samuel 17:17 “Isai berkata kepada Daud, anaknya: “Ambillah untuk kakak-kakakmu bertih gandum ini seefa dan roti yang sepuluh ini; bawalah cepat-cepat ke perkemahan, kepada kakak-kakakmu.” Lalu Daud bangun pagi-pagi, ditinggalkannyalah kambing dombanya pada seorang penjaga, lalu mengangkat muatan dan pergi, seperti yang diperintahkan Isai kepadanya. Dan disaat di perkemahan Daud mendengar seorang filistin bernama Goliat mencemooh bangsa Israel dan daud pun memberikan komentarnya : “Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di dekatnya: “Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dari Israel? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?” Dan terdengarlah apa yg ducapkan Daud ini kepada Saul hingga saul: “Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu.” Tetapi Saul tidak sependapat dengan Daud karena menurutnya Goliat lebih berpengalaman. Namun Daud berkata “Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya. Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.”

Dengan semua pernyataan Daud itu memberikan pesan yang sangat kuat kepada Raja saul bahwa : Pekerjaan Daud adalah gembala yg menjaga domba dari serangan binatang buas, Daud adalah anak muda yang berpengalaman dalam berperang, Dia berbicara tentang berperang karena dia pernah berperang dan akan berperang jika domba2nya terancam, Bagi Daud sama seperti dirinya yg melindungi milkinya dengan kekuatannya maka dia akan juga melindungi bangsa israel dengan Kekuatan Tuhan dan sama seperti Tuhan menyertai Dia dalam melawan binatang buasa begitu juga Tuhan akan menyertai dia dalam melawan Goliat.”

Daud dapat berbicara mengenai Allah menggembalaan sebuah bangsa karena dia pernah menggembalakan dua tiga ekor domba, Daud bisa berbicara mengenai Allah melindungi sebuah bangsa karena baginya dia sedang dan pernah melindungi dua tiga ekor dombanya dan Daud bisa bicara bagaimana Allah memperdulikan bangsanya karena Dia pernah mengalami bagaimana Allah juga  memperdulikan dirinya dan jg dua tiga ekor dombanya.

Daud bisa membayangkan apa akibat terhadap domba2nya jika Dia tidak berfungsi sebagai gembala, atau bagaimana jika Allah tidak memposisikan dirinya sebagai gembala yg melepaskan daud dan dua tiga ekor dombanya dari binatang buas.

Daud tidak hanya berbicara mengenai penggembalaan karena dia mengalaminya dan Daud tidak hanya berbicara mengenai berperang karena dia juga mengalaminya.

Seorang “Pengkotbah” yg memiliki jadwal padat berkotbah dimana2 dngn 100 – 100an ribu orang yg mendengarkan dia tidak otomatis menjadikan dia seorang Gembala bagi orang2 yg mendengarkan dia TETAPI seorang Gembala yg meskipun tidak memiliki jadwal yg padat dan keliling kemana2 bahkan hanya memimpin 2 – 3 orang pasti akan menjadikan dirinya pengkotbah bagi orang2 yg digembalakannya.

Sebuah Renungan: Bagaimana mungkin seorang “pengkotbah” yg tidak pernah / sedang tidak menggembalakan/membapai sebuah komunitas/orang2 dapat berbicara mengenai “pembapaan” sebuah generasi?

Daud Bisa Melawan Goliat karena dia biasa melawan binatang buas yang mengancam, Kotbahkan apa yang sudah anda alami.

– Gideon Sihombing –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s