Home

“Kata “Gereja” diambil alih dari kata Igreja (Bahasa Portugis), yang berasal dari kata Yunani, Ekklesia artinya “dipanggil keluar”.  Kata Ekklesia terdiri dari kata “Ek” yang  artinya “out of” / “Keluar dari” dan “kaleo” yg artinya “to call” / “Dipanggil”.  Kata ekklesia digunakan pertama kali di dalam Mat. 16:18 “And I also say to you that you are Peter, and on this rock I will build My church (Ekklesia), and the gates of Hades shall not prevail against it. Didalam ayat ini kata church menggunakan kata Yunani “Ekklesia.” Sedangkan akata Ekklesia juga dapat berarti :

  1. a gathering of citizens called out from their homes into some public place, an assembly
  2. an assembly of Christians gathered for worship in a religious meeting
  3. a company of Christians, or of those who, hoping for eternal salvation through Jesus Christ, observe their own religious rites, hold their own religious meetings, and manage their own affairs, according to regulations  prescribed for the body for order’s sake (sabda.org)

Dari penjelasan asal kata Gereja diatas dapat disimpulkan:

1. Gereja (pada prioritas pertama) definisnya adalah “Orang yang percaya kepada Yesus yg telah dipanggil keluar dari kegelapan dan masuk kedalam terang.” Hingga anda dapat berkata kepada diri sendiri dan orang lain bahwa “saya adalah Gereja.”

2. Gereja adalah persekutuan orang-orang yang telah dipanggil keluar dari kegelapan dengan Juru selamatnya Yesus Kristus.

Gereja bukanlah bangunannya meskipun kita menamai tempat ibadah orang kristen adalah Gereja. Gereja bukanlah aktivitas yang ada didalam gedung gereja, ornamen-ornamenya atau jabatan-jabatan didalam organisasi gereja. Karena meskipun gedung gereja tidak ada, perlatan musik didalam gedung tidak ada, kegiatan-kegiatan atau program-program gereja ditiadakan juga nama – nama jabatan (Pdt, penatua & diaken) didalam gereja dihapus gereja itu tetap ada. Karena Gereja itu adalah anda. Anda adalah gereja yang mempunyai tujuan yang sederhana yaitu Mengasihi Tuhan dan menhasihi sesama. Dan memilki misi: Menghubungkan yang tak terhubung dengan Kristus dan bersama-sama bertumbuh dalam persekutuan yang penuh dengan Dia. Dengan rencana yang sederhana : Bersekutu dengan Tuhan dengan melayani Dia lalu Bertumbuh didalam komunitas kecil dan Menghidupkan karunia yang Tuhan berikan di dalam kehidupan sehari-hari serta Membagikan kepada orang – orang yang belum mengenal Yesus. Ketika anda hidup seperti ini maka apa yang biasa kita lakukan didalam “gedung gereja” menjadi hidup sebagai gereja.

Apakah Gereja? Gereja adalah anda!

– Gideon Kristian  –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s