Home

26care.600.sub

Curhat:

guys..
pgn curhat deh,gw sering bgt terlibat sama orang2 yg berantem,tp gw malah jadi penengah gtu,terkadang musti misahin..
terkadang gw bingung knapa gw musti terlibat,soalnya itu bikin gw kena masalah yang lain,terkadang gw cape dan mau bodo amat..
tapi terkadang gw juga merasa bangga karena uda dipercaya mnyelesaikan suatu masalah…
tp akhir2 ini gw lebih sering ngerasa capenya dan malah membawa gw ke masalah lain yg dimana gw malah jadi pemeran utamanya.
gw bingung bgt ngadepinnya..
apakah gw harus bangga karena gw dipercayakan membantu masalah orang?
ato
gw harus tinggalin masalah2 mereka karena itu malah membuat hidup gw jg bermasalah..

Jawaban:

Gw senang denger kalo lu bisa jadi seorang “Pendamai”. Itu Dicari dunia ini. Dan perlu dipertahankan dan di kembangkan. Didalam dunia psikologi lu berusaha menjadi seorang ‘konselor’ / seorang yg berusaha membantu orrang lain keluar dari sebuah masalah. Menurut gw, perasaan bangga karena dipercayakan membantu masalah orang adalah wajar. Tp bisa jadi ga wajar/tidak benar ketika rasa bangga itu menjadi tujuan kita membantu orang lain. Makanya ketika sebelum / selesai membantu orang segera posisikan hati kita sebagai hamba Tuhan dan alat Tuhan untuk membantu orang lain. Hingga kita akan mampu berkata “Terimakasih Tuhan telah menolong teman2 ku.” Dengan mengembalikan perasaan bangga itu kepada Tuhan membuat kebanggan lu berganti dengan pernyatan bangga “Tuhan Luar biasa, Dia menyelesaikan masalah.”

Karena kalo lu pegang rasa bangga diri sendiri itu terlalu lama, hal itu bisa jadi beban buat elu. Dan hasilnya elu akan berpikir “Gw harus tolong orang2” padahal belum tentu elu yg harus menolong mereka atau belum tentu Tuhan pengen lu iktu campur urusan itu. Jadi  ketika teman lu ada dalam suatu permasalah mulailah:
1. Berdoa “Tuhan tolong mereka.”
2. Dan jika kamu tergerak maumasuk lebih dalam lagi dgn membantu, awali dgn berdoa “Tuhan Luruskan dan jaga motivasi hati ku”, (karena secara natural manusia punya kebutuhan untuk dihargai. Dan percayalah meskipun kamu cuma bisa berdoa utk orang itu Tuhan sudah menghargai kamu dan bangga.)

3. Ketika kamu bantu orang2 tersebut berarti kamu sudah siap resiko2nya. Siap cape! Minimal siap cape telinga!

4.Be Neutral! Hukum nolong orang adalah berusaha dk sampai emosi kamu terlibat didalam masalah2 atau orang2 itu. KAmu harus berada diposisi netral. Makanya perlu bantuan Roh Kudus agar kamu memiliki hati yang berpihak sama TUhan aja gak berpihak sama siapapun2. Jika perasaan kamu terlibat didalamnya , bisa2 kamu malah jd terlibat didalam masalah itu.
5. Don’t Judge! Hukum yg lain adalah jgn jadi hakim atas orang2 yg bermasalah itu, kamu cuma sebgai penengah yg membantu komunikasi orang2 yg sedang bertengakar. Contoh, si A lagi emosi dan si b juga. Biasanya orang yg emosi gak bisa komunikasi nah kamu bantu deh mereka utk bisa berkomunikasi dan menemukan jalan keluarnya.
6. God’s Help! Hukum terutama : Serahkan sama Tuhan, sebab Dia yg Menolong bukan kamu. Kalo teman kamu minta bantuan bilang sama dia “gw berusaha yg gw bisa”. Dengan demikian temen lu sadar kalo elu punya keterbatasan. Adakalanya kita ga bisa selsesaikan masalah2 tersbut nah kita harus jujur sama diri sendiri dan teman kita “Sori Bro/sis gw gak tau lagi jalanya, mending kita doa Tunggu jawaban Tuhan.”

Selamat Menjadi Berkat !

Berdoalah:

Tuhan terimakasih KAU telah pakai aku menjadi alat Kerajaan Mu. Ini aku hamba Mu jadilah seperti perintah Mu.

Jadikan aku terang bagi sekitarku. JAdikan aku garam yang memberikan perubahan dalam hidup rekan2 ku.

Pimpin aku Roh Kudus untuk terus menjadi berkat bagi orang lain. Biar kelemahanku menjadi alasanku bergantung kepadaMu dan Kekuatan ku yg terbatas menjadi alasanku Hidup didalam pimpinan Mu.

Dan semua yang baik yg telah kulakukan hanya untuk kemuliaan Tuhan Yesus.  Dalam Nama Tuhan Yesus. Amin

– Gideon Kristian Sihombing –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s