Home

ReturnArrowBaca: Yeh 17:1 -24
Fokus:
“Aku, TUHAN, merendahkan pohon yang tinggi dan meninggikan pohon yang rendah, membuat pohon yang tumbuh menjadi layu kering dan membuat pohon yang layu kering bertaruk kembali. Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan akan membuatnya.” Yeh 17:24

Ada beberapa pelajaran dari Ayat2 diatas:
– Tuhan berkuasa atas keadaan hidup kita. Dia memiliki hak utk MENGKONDISIKAN hidup kita kedalam keadaan apapun.
– Dengan menekankan kalimat “AKU, TUHAN” berarti itu adalah “pekerjaanNya, perbuatanNya, CaranNya, MilikNya, PelakuNYa dan HANYA DIA yang sanggup!

– Tuhan tidak hanya bisa memberikan percepatan dalam kehidupan rohani utk hidup dan tumbuh tinggi tetapi Tuhan juga bisa mengkondisikan kerohanian kita menjadi kering dan rendah. Hal ini terjadi ketika kita bergantung kepada kekuatan sendiri, kekuatan manusia dan mengingkari perjanjian dengan Tuhan. (15-21).

– Kata “meninggikan” menunjukan adanya sebuah proses didalamnya. Kita yang merindukan percepatan dalam kehidupan kerohanian kita, harus sadari bahwa didalam Tuhan selalu ada proses yg harus dilewati. Dan proses yang Tuhan izinkan itu pasti akan mempercepat kita dalam petumbuhan. (jika kita ikuti)

-Jika kita ingin mengalami pertumbuhan dan percepatan dari Tuhan, mulai ikut cara Tuhan bekerja!
Ada istilah yg pernah saya dengar ketika awal2 pelayanan “Promosi datangnya dari Tuhan.” Seringkali kita lupa kalau Tuhan yang menjadikan kita besar dalam setiap usaha kita. Tetapi nyatanya juga, ada juga orang2 kristen yg tidak Tahu bahwa Tuhan sanggup mempromosikan kita / mengangakat kita dari keadaan atau posisi saat ini.

– Ada kalanya (dalam proses Tuhan akan “meninggikan” atau “menumbuhakan”) orang menilai kita tidak mungkin berhasil, pasti menyerah ditengah jalan, tidak akan mampu, gagal, tidak sanggup. Tetapi perhatikan bahwa Tuhan bisa membalikan keadaan sebab Dia berkata “pohon yang layu kering bertaruk kembali. Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan akan membuatnya.” Yang kita perlu lakukan adalah memprogram ulang isi hati kita agar sesuai dgn kehendaknya dan meyelaraskan iman kita dengan kuasa Tuhan. Sembari mengingat peryataan Tuhan Yesus “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”.”

– Ketika keadaan tidak menentu saya dengan iman dan keberanian dapat berkata dan mendeklarsikan:
“Keadaan yang tidak menentu pulih kembali. Dia Yesus Tuhan akan membuatnya.”
“Hati yang sedih Bersukacita kembali. Dia Yesus Tuhan akan membuatnya.”
“Tubuh yang sakit Sehat kembali. Dia Yesus Tuhan akan membuatnya.”
“Aku yang lemah Kuat kembali. Dia Yesus Tuhan akan membuatnya.”
“Aku yang kuatir Percaya kembali. Dia Yesus Tuhan akan membuatnya.”

– Gideon Sihombing –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s