Home
f

Bacaan Hari ini : Maz 1:1 -6

“Siang malam ku selalu
Menatap layar terpaku
Untuk on line on line
On line on line
Jari dan keyboard beradu
Pasang earphone dengar lagu
Aku on line online
On line on line”

Online
oleh: Saykoji

Lagu saykoji ini menceritkan seseorang yang siang dan malam tida
k bisa lepas dengan dunia internet dan istilah yang dia gunakan adalah Online. Online adalah keadaan di saat seseoran g terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Dizaman ini untuk online dengan dunia maya sangat mudah, di mana saja kita bisa online dengan dunia maya dikarenakan akses untuk masuk kedalam dunia maya semakin banyak. Orang yang kerajingan dunia internet sangat tidak menyukai kondisi offline. Offline adalah bila ia tidak terkoneksi/terputus dari suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Ditambah lagi saat kini ada jaringan komunitas yang sedang “booming”, Facebook. Dengan facebook seorang anak pelajar yg sedang belajar didalam kelas bisa tetap “terkoneksi” dengan temannya di diluar sekolah melalui facebooknya yg online. Bahkan dengan perangkat2 yang semakin cangggih membuat seseorang baik didalam rumah, kamar tidur, toilet, halte bus, di gunung  sekalipun dapat tetap online. Yang gak sopannya ketika lagi dengerin kotbah pendeta atau sedang berdoa bersama ada aja orang yang sibuk chating atau browsing, ‘biar tetep online’ gitu katanya tapi tanpa sadar dia lg gak online sama Tuhan.

Didalam mazmur kita melihat betapa Daud ngerti apa arti dari te rkoneksi, terhubung atau online dengan Tuhan yang selalu Online.Jika saykoji menyanyikan “Siang malam ku selalu Menatap layar terpaku untuk on line” tapi Daud menyanyikan lagu yang serupa tetapi lebih tepat “kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam”(1:2) .
Daud memilih untuk menatap wajah Tuhan untuk online dengan Tuhan dibanding dengerin nasehat atau inside yg sumbernya tidak benar.(1:1)

Daud tahu hasi l dari online dengan Tuhan adalah mengalami kebaikan-kebaikan Tuhan, dia mengumpamakan dirinya “seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air”. Dia bagai pohon yang selalu terkoneksi atau online dengan aliran air dan hasilnya apa yang dia kerjakan pasti menghasilkan, mendapat kekuatan baru dan selalu berhasil.(1:3). Dia tahu jika dia offline dengan Tuhan, maka dia tidak akan mengalami penyertaan Tuhan, pekerjaannnya akan sia-sia dan mudah terjatuh karena tidak ada berkat Tuhan didalanya.1:4,5)
Online dengan Tuhan bukan soal berdoa 24 jam yang tak terputus didalam kamar yg kecil. Tetapi lebih bicara sikap hati dan perbuatan kita. Online dengan Tuhan adalah selaras dengan Firman Tuhan dalam perbutan, pikiran, perasaan dan kehendak kita baik dalam keadaan suka maupun duka, karena Dia yg memberi kehidupan. Online dengan Tuhan adalah bergantung dengan Tuhan dalam perkara yg kecil maupun perkara yang besar, karena dia pemberi keberhasilan. Online dengan Tuhan adalah mengalami kehadiran Tuhan didalam setiap aspek kehidupan, baik dikantor, disekolah, dipasar, di rumah sakit, digereja & dimanapun, karena Dia yg tahu apa yg terbaik untuk kita.
Lagu saykoji ini mengingatkan saya bahwa harus selalu online dengan Tuhan. Dan Daud mengingatkan saya betapa ada berkat2 Tuhan atas kita yg tetap online dengan Dia. Keep Online!

–Gideon Kristian Sihombing–




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s