Home

good_shepherd

Ini adalah kelanjutan dari artikel2 yg sebelumnya:

1. 4 Prinsip dasar Penggembalaan Komunitas

2. Prinsip Penggembalaan Youth – Life as a family

3.  “Of God” –  Work as a Servant

1 Petrus 5:2 “Shepherd the flock of God which is among you, serving as overseers, not by compulsion but willingly, not for dishonest gain but eagerly; or as being lords over those entrusted to you, but being examples to the flock”.

Gak jarang seorang gembala komunitas youth mengalami stress karena mereka melihat dengan mata kepala sendiri anggota komunitas mereka dengan enaknya pindah ke komunitas youth lain tanpa permisi dulu. Ditambah stress lagi lokasi komunitas barunya  juga gak jauh-jauh, hanya beda gang, beda komplek, beda kelurahan, beda lantai  atau ruko sebelah. :D! Dan kok bisa-bisanya itu orang pindah disaat jumlah anggota komunitas youth lamanya tinggal 5 orang (terdiri dari gembala komunitas dan 4 pengurusnya:P ). Stress! Dulu saya pernah mengalami hal ini tetapi saya tidak stress karena  saya memahami arti kata “Of God”. Kata “Of God” memberikan arti KEPEMILIKIAN TUHAN. Pernyataan “Kepemilikan Tuhan” untuk saya ada 2 arti dasar:

  1. “ITU MILIKI KU”.

Kita harus mengakui bahwa setiap orang percaya adalah milik Tuhan. Apa yang dimiliki Tuhan? Tuhan yg memiliki Domba2 itu. Gembala yang menggembalakan itu hanya dipercayakan Tuhan untuk mengurus dan merawat domba2. Mereka tidak boleh menganggap apa yang ada pada mereka adalah milik mereka, karena memang Allah adalah pemilik dari domba-domba tersebut.

Ketika seseorang berkomitmen untuk berada didalam sebuah komunitas itu adalah keputusan dari Tuhan untuk menempatkan dia disana. Sama halnya ketika seseorang mengambil komitmen menggembalakan disuatu komunitas itu adalah keputusan Tuhan untuk mempercayakannya Tugas tersebut. Dengan demikian para gembala harus bertanggung jawab kepada pemilik domba atau didalam bahasa inggris disebut “ the Chief Shepherd”  atau pemimpin Gembala. Pertanggungjwaban para gembala komunitas adalah akan terus berusaha melakuakan yang terbaik dengan mengurus dan merawat domba2 yang dipercayakan.

  1. “INI CARA KU”.

Melakukan yang terbaik salah satunya adalah bekerja sesuai cara Tuhan atau  dengan visi dan strategi yang diberikan Tuhan. Dari mana mereka mendapatkan visi dan strategi penggembalaan? Itu didapatkan dari persekutuan dengan “The chief of shepherd” dan melalui perenungan akan Firman Tuhan. Seseorang gembala komunitas bisa stress jika dia meniru-niru gaya pelayanan kelompok lain atau berusaha sendiri mencari-cari  dengan kekuatanya sendiri cara agar komunitasnya mengalami keberhasilan (kualitas / kuantitas). Didalam Tubuh Kristus banyak bagian ini yg banyak gembala komunitas sering tidak pahami. Mereka berpikir bahwa komunitas itu hanya diadakan utk mengadakan “ibadah kaum muda saja + kegiatan2 menyenangkan (seperti reat2). Mereka lupa bahwa didalam Kerejaan Allah ada banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh pelayan-pelayanNya. Dengan mengetahui visi dan strategi dari Allah seorang gembala komunitas akan semakin mengerti peran komunitasnya didalam Tubuh Kristus, dengan visi gembala komunitas akan semakin berjalan / bergerak sesuai keinginan Tuhan, dengan visi gembala semakin melihat tujuan penggembalaan komunitas adalah melakukan kehendak Tuhan. Visi Tuhan akan membuat komunitas kita bergerak dengan orisinil bukan meniru-niru. Dengan Visi gembala tidak akan stress karena jumlah karena visi mengarahkan kepada perubahan kualitas lebih dulu dan mengakui adanya sebuah proses didalam setiap perubahan. Dengan Visi dan strategi sebuah komunitas menjadi berbeda dengan komunitas yg lain!

Perhatikan, pemilik Domba itu berhak mendisiplin orang2 yang dipercayakannya jika mereka tidak melakukan seperti yang diperintahakan atau lalai dalam tugasnya. Semua itu dilakukan karena dia adalah “THE CHIEF SHEPHERD”.

— Gideon —

Prinsip Penggembalaan Youth – Begin from What You Have

One thought on “Prinsip Penggembalaan Youth – Work as Servant

  1. Pingback: 4 Prinsip dasar Penggembalaan Komunitas « My Idea & Your Idea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s