Home

1 Petrus 5:1Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak.5:2Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.5:3Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.5:4Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Ayat – ayat ini adalah sebuah panggilan untuk menggembalakan dan sebuah perintah utk menggembalakan.
Dan dari ayat-ayat ini (khususnya dari terjemahan bahas inggris) saya menemukan 4 prinsip dasar dari
sebuah penggembalaan khusunya penggembalaan persekutuan atau komunitas anak2 muda:

  1. Feed – Function as a Shepherd – Berfungsi sebagai Gembala

i015_th

to feed, to tend a flock, keep sheep, to rule, govern

1)      of rulers

2)      to furnish pasture for food

3)      to nourish

4)      to cherish one’s body, to serve the body

5)      to supply the requisites for the soul’s need

Paulus mengingatakan dalam poin ini bahwa mereka memiliki fungsi Gembala karena paulus menyebut mereka Penatua bukan gembala. Dan yang terpenting adalah bukan anda di posisikan sebagai gembala tetapi apakah anda berfungsi sebagai gembala sesuai dengan panggilan anda. Percuma jika anda di posisikan dalam organisasi sebagai gembala tetapi anda tidak berfungsi  sebagai seorang gemabala. Saat menulis artikel ini saya sedang bersama murid SMP yang sedang  mencari gitar untuk dia beli, dia mencari di internet merek gitar yang disukainya yaitu “Martin”, kebetulan  harganya dalam bentuk dolar $300 dan Kurs rupiah saat itu Rp.12.000 maka jika di konversi menjadi Rp.3600.000. hmmm harga yang yang mahal untuk seorang murid SMP! Saya tahu murid saya ini bisa bermain gitar, seandainya dia berkeinginan membeli gitar tetapi dia tidak bisa bermain gitar atau membeli bertujuan hanya SEKEDAR untuk memiliki gitrar itu. Maka gitar tersebut tidak akan berfungsi dengan semestinya dan itu sama halnya dengan seorang yang yang memiliki posisi sebagai gembala tetapi dia tidak bisa menggunakan fungsi sebagai gembala.

Seorang gembala anak-anak muda akan lebih memperhatikan mengefektifkan fungsinya yaitu : mengelola, menyediakan ‘makanan’, melayani dan menyediakan kebutuhan komunitasnya dibandingkan sekedar mengenakan jabatan.

Salah satu fungsi yang ditekankan di dalam ayat ini adalah “hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu”. Gembala berfungsi sebagai “Teladan” yang mencerminkan karakter Kristus, itu yang dibutuhkan dalam Gereja Tuhan. Titel atau jabatan adalah asesoris sebuah tugas tetapi fungsi adalah esensi dari tugas anda.

Berfungsilah bukan sekedar bergelar pemimin atau gembala!

Prinsip ke 2 >> Flock – Life as a family

Prinsip ke 3>> Of God –  Work as a Servant

Prinsip ke 4>> Among youBegin from What You Have

— Gideon Sihombing —

3 thoughts on “4 Prinsip dasar Penggembalaan Komunitas

  1. Pingback: Asesoris Tugas « My Idea & Your Idea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s