Home

2165114281_3dc49c6daf

Dirumah saya menanam pohon bambu kuning, yang sekarang sudah rimbun daunnya. Dan sampai-sampai cabang-cabang batang bambu menyerobot batas rumah tetangga tanpa permisi. Kebetulan ada 3 batang yang tertanam di lahan tanah 1×1, cuma hanya 1 batang yang tumbuh dengan “sempurna” dia tumbuh tinggi dan rimbun. 2 batang bambu lainnya sempat tumbuh tinggi tapi karena kelihatannya terlalu rimbun untuk rumah “kecil” jika 3 batang bambu itu dibiarkan. Maka saya memotong 2 pohon bambu yang lain, hingga setengah saja yang tersisa dari batang bambu yang tumbuh itu. Setelah beberapa waktu telah lewat saya “menyesal”, “Ah kenapa saya potong batang bambu itu, bukannya lebih bagus kalau semua tumbuh.” Dengan pengetahuan yang amatir tentang bambu saya berpkir “Hmm seandainya saya tancapkan sebatang bambu ketanah, apakah akan tumbuh bambu baru?” :D  dan saya pun melakukan ide tersebut. Tetapi telah lewat berapa hari batang bambu itu malah menjadi layu dan mati.(Ya iya lah!) Saya pun  menertawakan keputusan saya yang tidak didasari pengetahuan yg cukup itu😀. Akhirnya saya membiarkan batang bambu itu tertanam dan mati di samping keluarganyaL. Selamat tinggaln bambu! … Dan bambu berkata “i’ll Be back!”…(emang terminator aja yg bisa bilang begitu)..To be Continued..”Apakah Bambu akan datang kembali?”

Beberapa minggu berikutnya saya “dikejutkan” oleh keluarga bambu yang sempat saya buat dukacita. Dari dalam tanah dekat batang bambu yang tumbuh sempurna, muncul BAYI BAMBU. Dan seminggu berikutnya satu BAYI BAMBU baru lagi muncul dari dalam tanah!Wouw! Saya yakin kalau mereka bisa bergerak dan berbicara mereka akan berkata “WE ARE BACK.”😀

“Ah kejadian ini membuat saya teringat sebuah illlustrasi “Bambu dan Pakis” dan peristiwa diatas  mengingatkan bahwa adakalanya kita harus mengambil sebuah keputusan yang berani untuk hidup kita. Yah terkadang sebuah keputusan untuk berhasil terdengar konyol. Tidak ada rencana yang besar yang terjadi jika tidak ada orang yang mengucapkannya dan  mungkin orang lain menertawakanya ketika hal itu diucapkan. Jika kita mau jadi seorang yang besar katakan saya mau jadi orang besar apapun keadaan kita saat ini. Menjadi besar dimulai dari ini: Besar Kasih kepada Tuhan dan Besar Kasih kepada Diri sendiri dan Orang lain. Ini aka menjadikan anda orang besar!

Pertumbuhan adalah bagian Tuhan, tetapi kita harus melakukan bagian kita. Sebuah perubahan atau kesuksesan tidak bisa dipaksakan. Jika memang akan bertumbuh dia akan bertumbuh dengan alami melewati semua tekanan yg harus dilewati. Ketika tekanan datang dan sepertinya akan menengelamkan kita, mengambil langkah reat2/berhenti sebentar adalah hal yang baik sembari kita berkata berkata “I’ll Be BAck”. Keberhasilan akan bertumbuh selama kita mau mengalami proses pembentukan itu. Karena didalam proses ada keberhasilan. Amsal  37:3-4 Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

–Gideon–

Leave a Reply

