Home

WORD IN CONFLIK

Langkah 1: Tenangkan Diri.

Konflik tidak dapat diselesaikan dengan panas atau emosi. Mengambil langkah mundur, bernafas dalam, dan mengumpulkan jarak emosional sebelum mencoba untuk membicarakan hal-hal tersebut. Sukses sebagai pelatih Gahrmann Natalie mengatakan, “Ketika saya mengambil waktu untuk bernafas dan kembali fokus saya dapat membuat saya kesempatan untuk memilih respon daripada hanya bereaksi. ” Jika saya mencoba untuk melewati langkah ini, kata saya terlalu bermuatan emosional. 1Ptr. 4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Langkah 2: Jelaskan apa yang mengganggu Anda menggunakan “pesan saya.”
“Pesan Saya” adalah alat untuk mengekspresikan bagaimana kita merasa tanpa menyerang atau menyalahkan. Dengan mulai dari “saya” kita mengambil tanggung jawab atas cara kita memandang masalah. Hal ini menajamkan pada “pesan anda” yang menempatkan orang lain pada melindungi diri dan menutup pintu untuk komunikasi. Pernyataan seperti, “Kamu telah meninggalkan dapur kotor lagi! Bisa kah kamu dapat membersihkan sendiri setelah menggunakannya? “Akan meningkatkan konflik. Sekarang lihat bagaimana perbedaan “melalui pesan saya: ” Saya kesal karena saya pikir kita sepakat akan membersihkan dapur setelah digunakan. Apa yang terjadi? “. Dengan pernyataan “saya” menghindari sikap negatif terhadap lawan bicara dan bahasa tubuh yang negatif. Mat. 7:3 “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?”

Langkah 3: Mendengar ulang apa yang orang lain katakan.
Mendengarkan reflektif menunjukkan bahwa kita cukup peduli untuk mendengar dari orang lain, bukan hanya fokus pada cara pandang diri sendiri. Memiliki sikap empati terhadap apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. Lakukan apa yang anda ingin orang lain lakukan kepada anda. Mat. 7:12 “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Langkah 4: Mengambil tanggung jawab.
Dalam sebagian besar konflik, kedua belah pihak memiliki beberapa tingkatan tanggung jawab . Namun, sebagian besar dari kita cenderung menyalahkan daripada melihat peran kita sendiri dalam masalah. Ketika kita mengambil tanggung jawab kita kita membawa konflik kedalam posisi yang berbeda, di mana satu resolusi atau jalan keluar mungking dapat diperoleh. Luk. 15:18 “Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa.”
Langkah 5: Kumpulkan solusi dan pilih satu yang menjawab kedua pihak.
Menyelesaikan Konflik adalah tindakan kreatif. Ada banyak solusi untuk satu masalah. Kuncinya adalah kemauan untuk mencari kompromi. Flp. 4:8 “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

Langkah 6: Menegaskan dan memaafkan.
Sebuah jabat tangan, memeluk, atau memberikan semacam kata penutupan untuk resolusi konflik. Mengampuni adalah sebuah penutupan yang tertinggi dalam sebuah konflik. Dengan mengampuni kita akan membuka pintu pengampunan juga untuk kita sendiri. Kita menjaga hubungan kami dengan cara seperti ini, kita memperkuat hubungan dan bekerja melalui masalah-masalah yang timbul. Kol. 3:13 “Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Sumber: www.parentingbookmark.com

Note: Artikel telah diterjemahkan, beberapa bagian telah diedit dan ayat-ayat Firman Tuhan sebagai refrensi ditambahkan oleh penulis blog

Leave a Reply

