Home

Ini adalah lima kriteria cawapres yang disebutkan oleh SBY dan Disetiap syaratnya saya juga sisipkan lima Kriteria Calis (calon istri)/calsu (calon suami) saya tulis dengan huruf miring:

1. SBY berkata: Harus memiliki integritas kepribadian yang baik, yang ditandai oleh kekuatan moral.

Gideon berkata: Syarat Pertamax, Integritas emang penting banget nih dalam memilh pacar or pasangan. Kamu gak maukan punya pasangan yang karakternya gak karuan, pembohong, penipu, ga jujur (kayanya semua sama deh :D) .

Setau saya No.1 yg paling dicari dari seseorang baik laki2 / perempuan  dari calon pasangannya adalah “KEJUJURAN”. Pokoknya Penipu aja ingin punya pacar yang jujur😀.

Tapi integritas ga cuma soal kejujuran tetapi juga tanggung jawab, respect, empati dan semua karakter yang baik.

Integritas atau disebut juga utuh  artinya sikap seseorang yang utuh dalam perkataan dan perbuatannya sama-sama benar/sesuai dimanapun, kapan pun dan bersama siapapun. Dan seoarng yang berintegritas pasti akan menjaga moralnya dengan kuat. Seorang yang ga memiliki integritas dia adalah seorang penipu, dimulutnya bilang I Love u tetapi kelakuannya Bajingan gak baner. Makanya perhatiin calon2 pasangan kamu apakah integritasnya benar apa nggak. Jangan bikin masalah dgn memacari/menjodohkan orang yang ga bermoral / ga berintegritas dengan diri kamu cuma karena terlanjur cinta (cinta harusnya rasional), umur, status atau apapun bisa rugi seumur hidup!

2.  SBY berkata: Kapabilitas

Gideon berkata: Syarat Kedua, ini adalah kutipan dari kamus.kapanlagi.com akan arti kapabilitas:

capability
n. kecakapan; pembawaan


capability
n. kesanggupan, kemampuan


Rasanya menyenangkan punya pacar/ pasangan yang pintar pengetahuan, tetapi didalam hubungan pintar/cerdas pengetahuan bukan segalanya. Ada juga juga cerdas dalam mengelola emosinya atau cerdas dalamKerohaniannya (itu tergantung selera anda suka yg mana). Dari semua itu yang terpenting adalah dia cakap dalam mengenali, memahami, dan bersinergi dengan perbedaan yang ada.

3. SBY berkata: Loyalitas harus sepenuhnya.

Gideon berkata: Syarat ke tiga, Kesetiaan adalah sangat berkaitan dengan integritas. Gak mungkin dibilanga setia kalo dia ngomong sama kamu “Aku hanya mencintai mu” tetapi di kota lain dia bilang sama seseorang ” Aku hanya sayang kamu.”

Dia harus jadi orang yang sadar kalo dia harus loyal mulai dari pacaran gak cuma nanti kalo dah tunangan / dah nikah.  Loyal itu dimulut dan tindakan juga. Misalkan, dia harus berani mengakui sama orang  kalo dia ada hubungan dengan kamu atau kamu punya hubungan yg spesial sama kamu. Gak malu ngakuin or perkenalkan  siapa kamu sama ortu/temen2 / saudara kamu bahwa kamu pacaran dia. Loyal gak cuma pas ada kamu tapi juga pas gak ada kamu.

4.  SBY berkata: Harus bisa diterima oleh masyarakat luas.

Gideon berkata: Syarat ke empat, mari kita persempit kalimat “masyarakat luas” menjadi diterima “Orang tua” / “Kelauarga”. Bisa gak orang tua atau Keluarga kamu terima dia. Kalo dia emang serius sama kamu dia seharusnya berani dateng kerumah dan ketemu ortu kamu setidaknya untuk perkenalkan diri. Jangan Back street! Lebih baik jujur! Ingat hukum kelima dari Taurat, didalamnya terdapat hukum dan juga berkat. Kalau kamu menghormati Ortu kamu maka berkat Tuhan ada atas kamu.(titik) Saya gak setuju dengan lagu BCL yg judunya “Pernah Muda” karena gak mungkin orang tua disuruh ga ikut campur urusan pacaran anaknya:

“Bilang papamu berhenti urusin
Semua urusan kau dan aku
Bilang mamamu tak perlu
Khawatir ataupun curiga kepadaku”

Selama kamu belum menikah ortu kita punya hak untuk tau urusan kamu.

dan wajar dong ortu khawatir or curiga sama orang yang gak dia kenal, pacar itukan bukan anak tetap masih diluar keluarga. (kecuali kalo kamu sudah nikah, terserah kamu dah).  Kamu bisa dapetin Kepercayaan ortu tergantung sama calon kamu bisa gak dia lakukan syarat No 1, 2 dan 3. Jadi jangan suruh ortu kamu “GAK IKUT campur” urusan kamu dengan dia karena itu hak mereka selama kamu belum menikah!

5.  SBY berkata: Harus meningkatkan kekokohan dan efektivitas dari koalisi yang terbangun pada pemerintahan berikut.

Gideon berkata: Syarat kelima adalah kamu harus liat dia punya gak tujuan untuk saling membangun satu sama lain atau saling meningkatkan kualitas hidup satu sama lain dalam hubungan itu. Kalo dia gak punya tujuan itu mending lu lupakan dia, karena artinya dia cuma mentingin dirinya sendiri. Kalo hubungan pacaran itu malah bikin lemah iman kamu, turun kualitas pekerjaan, hasil pelajaran disekolah/dikampus, merusak persahabatan bahwkan  merusak hubungan keluarga lebih baik kamu pertimbanghka dia 2 lagi ” Apakah dia cocokk jadi pasangan kamu?”.  Jadi Prinsipnya hubungan kamu harus berdapak kepada PENINGKATAN DAN PERTUMBUHAN!

—Selamat “berkoalisi”..hehehhe

— gideon —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s