Home

Saya beberapa kali melihat pasangan muda yang berhenti di pinggri jalan dan mereka bertengkar. Beberapa diantaranya terlihat menggunakan tindakan fisik ringan terhadap pasangannya, menarik bajunya, menarik tangannya atau juga berkata kasar kepada pasangannya. Beberpa saling berperang mulut dipinggir jalan. (Ini bukan acara reality show yang ada di TV2). Saya berpikir itu adalah hanya beberapa kejadian “Kekerasana dalam berpacaran” yang terlihat, bagaimana dengan yang gak terlihat? Dan saya pikir baiknya kalau bisa berbagi informasi dengan teman2 mengenai hal ini, berikut adalah tanda-tanda cowok yang punya kecendrungan kasar sama pasanganya.

nb: Sebenernya gak cuma cowok yang “kasar”, cewek juga bisa “kasar”.

Kata kasar disini saya definisikan sebagai sikap yang menyakiti orang lain dengan bentuk Fisik, Emosi atau Seksual.

Cowokmu sering bilang “sayang” tapi juga sering bersikap kasar? Nggak bener, tuh! Coba cek apa hubungan kalian sudah masuk kategori ‘bahaya’.

BAHAYA 1 ! POSESIF

  • Dia selalu Pengen tahu kamu ada dimana, sedang apa dan sama siapa saja.
  • Dia berusaha mengatur mulai dari urusan baju, kegiatan, uang sampai ucapanmu!

BAHAYA 2 ! CEMBURU BUTA

  • Dia sering menuduh kamu nggak jujur atau bahkan selingkuh!
  • Dia melarangmu untuk berhubungan dengan keluarga atau teman-teman.

BAHAYA 3 ! BIKIN GAK Pe-De

  • Dia sering meremehkan atau menuding kekuranganmu, bilang kalau kamu bodoh atau nggak cantik dan gak ragu untuk melakukannya didepan umum.
  • Dia sering membandingkanmu dengan orang lain sehingga bikin kamu merasa tertekan.
  • Dia selalu menyalahkanmu kalau ada masalah apapun dalam hubungan kalian.

BAHAYA 4! ANCAMAN

  • Dia sering mengancam bakal bertindak kasar kekamu, keluaragamu, teman-temanmu dan binatang peliharaan mu.
  • Dia meyakinkan kamu kalau nggak ada orang lain yang sayang sama kamu seperti dia menyayangimu.

Sumber: Seventeen April 2007

Setiap orang yang berlaku seperti diatas bisa aja bilang punya alasan ngelakuin semau itu. Tapi bagaimanapun membangun hubungan berpacaran dengan cara “KASAR” tidak akan membuahkan “KASIH”. Kita tidak bisa bilang itukan sifat dia atau itu tempramenya atau itu bawaannya, dalam bentuk hubungan apapun sifat, karakter atau tempramen kita harus tunduk sama “HUKUM KASIH.” KAsihilah sesama mu seperti dirimu sendiri.

— Gideon —

12 thoughts on “Tanda-Tanda Cowok Kasar

  1. Saya tidak setuju dengan Bahaya 1: POSESIF, hanya pada point2 berikut :
    # Dia selalu Pengen tahu kamu ada dimana, sedang apa dan sama siapa saja.
    # Dia berusaha mengatur mulai dari urusan baju” tolong perhatikan bahwa saya tidak memasukkan tiga hal berikut dibawah ini…
    “kegiatan, uang, sampai ucapanmu!”

    Segera setelah saudara membaca komen saya ini mungkin anda mengira saya telah menyalah-artikan artikel diatas… ,tapi baiklah saya akan membagikan komentar saya, dan benar2 dari pengalaman saya sendiri kpd kekasih saya dulunya.

    Dulunya saya memang pengen tahu dimana keberadaannya, lagi ngapain, dan sama siapa saja. Sepertinya hal tsb tidak ada salahnya, karena hal tsb menunjukkan betapa menyayanginya, tak tahu kenapa secara emosi saya sangat terikat padanya walaupun dulu teman saya pernah bilang… “jangan pakai perasaan (emosi), elo harus pakai pikiran’,, walaupun masih terpisah jarak saya merasa tetap harus mengawasinya, adakah sesuatu yg telah terjadi padanya, knapa-napa, barangkali sedang sakit, ketika bertemu saya harus menanyakan segala sesuatunya, supaya tidak ada yang ditutup-tutupi, dirahasiakan, jikalau tidak ada keterbukaan dalam hubungan maka tunggulah kehancurannya……..Apakah didalam hubungan diperbolehkan menutup-nutupi rahasia masing2. Harus terbuka khan?? bener gak…
    Bagi para kaum hawa tubuh yang indah adalah suatu kebanggaan, dan seharusnya lah tubuh yang indah tersebut tidak dipamerkan dengan memakai busana yang menyolok, seksi, dan mengundang mata para lelaki. Dalam hal ini yang disalahkan adalah si perempuan bukan para lelaki tersebut. Karena yang telah mengundang dosa duluan adalah siperempuan tersebut. Mungkin memang ada beberapa kasus, iman si pria sedang di uji, seperti Yusuf yang melarikan diri dari godaan Istri firaun (apa boleh buat… istri firaun memang orang berdosa koq), tidak Seperti Daud yang berlama-lama melihat batsyeba yang sedang telanjang dari atas pelataran istananya, dan juga tidak seperti Samson yang berlama-lama dipermainkan oleh delila, sehingga matanya dibutakan (seharusnya Daud dan Samson mengambil sikap seperti sikap Yusuf yang”sesegera mungkin meninggalkan godaan yang sedang bermain di pelupuk mata” karena kalau dibiarkan berlama-lama, kehancuranpun akan segera tiba”
    Tubuhmu adalah Bait Allah, maka persembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup untuk KemuliaanNya…. bukan untuk dipamerkan kepada hal kesia-siaan dan pada dasarnya adalah kesombongan, tidak tahu apakah siperempuan sedang mengikuti trend, dan nyatanya ada beberapa trend yang mengarah kepada kesia-siaan, spt baju nampak pusar, nampang pinggang belakang hingga kebawah sedikit.

    Sebagai anak Tuhan kita harus berpakaian sewajarnya, apakah cara berpakaian seksi dalam pelayanan boleh di budayakan?? pun dalam hubungan teman hidup???… Pastinya tidak!!!!….
    Apabila si perempuan berpakaian seksi maka akan terjadi beberapa dosa, dosa si pelaku yang sudah memamerkan lekuk tubuhnya, dosa si pria yang mungkin telah bermain didalam pikirannya ketika melihat si perempuan tsb, apakah dia sedang melecehkan siperempuan tsb didalam pikirannya.

  2. Yes kita perlu care sama kekasih kita dan perhatian sama mereka salah satunya adalh memperhatikan cara pakaian mereka. Kita pantes untuk ngingetin kekasih kita kalo pakainanya ga sesaui dengan etika. Tapi bukanberarti kita ngatur pake baju warna ini atau gaya bgini. cuma buat kesenangan kita. Jadi care soal pakain yang berhubungan dengan etikanya aja. saya ykin wanita akan menghargai pendapat kita jika kita mngingatkan dia untuk hal yang baik buat dia.

  3. W pnya pcr yg ska ngtain w dgn kta2 ksr..hikz..hikz..
    Hrs’y w tinggalin..tpi w msh lum bs ninggalin’y..tpi w hrs cba bwt ninggalin dy..

  4. saya setuju bwt sebuah artikel ini. krna cowok kasar dy mempunyai suatu tujuan yg bersifat negatif demi mendapatkan suatu hal yg dy inginkan?….

  5. cowo kasar jgn dhadapi dengn dputusin gtu aj….y nma’y jg co kasar..yg ad tuch co mlh mkin kasar nti’y….klo di kaitkan sm Alkitab ad tertulis “Kasihilah Musuhmu”……klo puny co kasar pasangn jgn ikut2n kasar tp hrs tetp mengasihi…..sift kasar jgn dlawan dgn sift kasar tp hrs dlawan dgn sift lembut…..

  6. @Vj Sihombing: Thanks Buat komentarnya. Bro soal kasar yg maksud diatas itu sdh mencapai fisik. lagian klo masih pacaran aja sdh kasar apa lagi nnti klo sdh nikah. Bukan hanya masalah kasarnya tetapi :
    1. jika lelaki kasar artinya dia tidak menghargai pacarnya. Apakah kmu mau jalan dengn orang yg tidak mnghargai kamu?
    2. Ayat itu Bagus sekali, tetapi ini lain persoalan.
    – Ya kita mengashi siapaun termaksud pacar yg kasar, tetapi soal berpacaran sama orang yg kasar saya pikir teman2 wanita pikir baik2 keputusan kalian.
    – mengasihi dengan cara mengampuni pacar yg kasar ok tetapi utk melanjutkan hubungan dengan orang yg tetap kasar itu laih hal.
    – Putusin pacar memang tidak menyenangkan (Bisa kasar tergantung gmana cara putusinya). JIka putus utk kebaikan adalah BAIK bukan kasar. LAgi pula lebih baik putus saat pacaran dari pada putus saat menikah.

  7. aku udah tunangan tapi si dya sering banget kasar sama aku , bingung cara mutusinnya karena dya sering ngancem aku😦

  8. dear Novi, lebih baik kamu sakit krn putusin tunangan ktn kasarnya dia. Dari pada kamu sakit nnti setelah menikah. Selama kamu bernafas kamu punya pilihan. Coba libatkan keluarga kamu, urusan pacaran jgn jalan sendiri apa lg klau kamu tinggal sama ortu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s