Home

Sumber: Kopertis 12

Dosen PNS/DPK, PNS non Dosen, Dosen tetap PT lain, ataupun staff/karyawan administrasi tetap di  atau di luar Perguruan Tinggi tidak bisa diangkat jadi dosen tetap PTS hanya bisa diangkat sebagai dosen honorer atau dosen luar biasa.
Ketentuan ini berlaku untuk semua Dosen PNS/DPK dan Dosen PTS, dan sudah pernah disosialisasikan via pelatihan program Epsbed. Dalam pengusulan NIDN untuk dosen tetap PT, team Epsbed/PDPT akan teliti statusnya kalau ybs merupakan PNS dosen atau PNS non dosen yang belum pensiun, atau tenaga kerja tetap di atau di luar PT, atau sudah menjabat dosen tetap di PT lain akan ditolak dan statusnya hanya bisa diangkat sebagai dosen honorer atau dosen LB, sehingga tidak bisa dipakai untuk pemenuhan rasio dosen dalam pengajuan pembukaan prodi baru atau perpanjangan ijin penyelenggaraan atau menambah poin saat pengusulan akreditasi BAN-PT.
Banyak dosen maya berstatus tetap (artinya diajukan sebagai dosen tetap namun tak pernah ngajar), kabar terbaru dosen tetap yang tidak pernah ngajar akan diumumkan setelah semua laporan 2009/1 terlaksana via web. Kemungkinan besar status dosen tetap mereka akan diobah jadi dosen honorer.

Dasar Hukum:
- Pengangkatan dalam Jabatan Struktural
http://www.bkn.go.id/in/peraturan/pedoman/pedoman-angkat-struktural.html
( 3 ) Perangkapan Jabatan
Untuk optimalisasi kinerja, disiplin dan akuntabilitas pejabat structural serta menyadari akan keterbatasan kemampuan manusia, PNS yang menduduki jabatan struktural tidak dapat menduduki jabatan rangkap, baik dengan jabatan structural lain maupun jabatan fungsional.

- PP No. 29 tahun 1997 tentang PNS yang menduduki jabatan Rangkap
http://www.bpkp.go.id/unit/hukum/pp/1997/029-97.pdf

- PP no. 47 tahun 2005 tentang Perubahan atas PP no. 29 tahun 1997 tentang PNS yang menduduki jabatan rangkap
http://bsdm.bappenas.go.id/data/Perundangan/PP%20Nomor%2047%20Th%202005%20ttg%20Perubahan%20PP%20No.%2029%20Th.%201997%20ttg%20PNS%20yang%20menduduki%20jabatan%20rangkap.pdf

Ditulis 15/08/2010 oleh Fitri diambil dari dari Kopertis 12

About these ads

One thought on “Dosen Dilarang Menduduki Jabatan Rangkap

  1. Yth. Mbak Fitri…….! terima kasih atas pencerahannya berkaitan dengan pelarangan jabatan rangkap. Namun saya masih ingin kepastian dari mbak fitri..
    1. apakah ini berlaku untuk semua jajaran Mendiknas bukan hanya di Kopertis Wil XII saja kan.
    2. Kalau memang iya.. kenapa Dikti masih membiarkan adanya PTS yang memiliki dosen yg berstatus karyawan BUMN dan di jadikan dosen tetap pd PTS tsb. pdhal dikti telah mensosialisasikannya pada operator Espbed.
    3. Apa sanksi bagi :
    a. Sikaryawan yg memalsukan data tsb
    b. Bagi PTS ybs
    c. bagi operator espbed yg lalai seperti itu.
    mohon jawaban yg sejels-jelasnya mbak.. Terima kasih
    :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s